Profil dan Sejarah berdirinya PKN STAN

Edukasistan.com - Hallo sobat staners, gimana nih kabar calon-calon pegawai keuangan negara ?pada baik-baik aja kan ?belajarnya udah sampe mana ? tetap semangat ya untuk mencapai mimpinya menjadi mahasiswa/wi PKN STAN. etss.... kali ini kakak ga bahas materi atau soal nih. kali ini kakak akan membahas tentang sejarah berdirinya PKN STAN pada tau ga gimana sejarahnya ? hayo hayo masa calon staners ga tau sih sejarah berdirinya PKN STAN. Yuk simak artikel dibawah ini biar tau sejarah berdirinya PKN STAN


Sejarah PKN STAN
Sejarah PKN STAN 1.1

Sejarah PKN STAN (Poliktenik Keuangan Negara STAN)
Polikteknik Keuangan Negara STAN Atau lebih dikenal dengan sebutan PKN STAN adalah sebuah pergurunan tinggi vokasi yang dinaungi oleh kementrian keuangan RI dan menyelengarakan Program Studi Diploma dalam bidang keuangan negara. yang tertera di Undang undang Nomor 12 tahun 2012, bentuk tertinggi dari pendidikan vokasi adalah Politeknik, yang dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari jenjang Diploma I sampai Doktor (S3) Terapan.



Politeknik Keuangan Negara STAN telah diresmikan atau lebih tepatnya pada tanggal 15 Juli 2015 berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 yang mengatur tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN. PKN STAN merupakan sebuah perubahan dari sekolah kedinasan yang cukup terkenal yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau lebih singkatnya disebut dengan STAN. tapi kalian pada tau ga kalau dulu PKN STAN telah mengalami perubahan nama dan bentuk loh sebelum sekarang di tetapkan menjadi PKN STAN.

Berikut adalah nama instansi sebelum menjadi PKN STAN :
Sejarah PKN STAN
Sejarah PKN STAN 2.1
  • (1952) KURSUS DJABATAN AJUN AKUNTAN (KDAA) Surat Keputusan Menteri Keuangan No. 167941/UP tanggal 31 Juli 1952. Meliputi Ajun Akuntan Negara (AAN) yang diselenggarakan di Bandung dan Ajun Akuntan Pajak (AAP) yang diselenggarakan di Jakarta.
  • (1957) Akademi Pajak dan Pabean (AP2) yang dibentuk melalui Keputusan Menteri Keuangan No:248621/UP tanggal 25 November 1957. Akademi ini awalnya bernama Akademi Pajak yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan No: 213812/UP pada tanggal 4 Oktober 1956. Kuliah Akademi Pajak dan Pabean berada di 3 tempat yaitu salah satunya berada di Jl. Purnawarman 99 Kebayoran Baru Jakarta.
  • (1959) Selama berdirinya STIKN, terdapat beberapa sekolah di bidang keuangan lain seperti Akademi Treasury Negara (ATN) yang dibentuk pada tahun 1959 dan dibentuk oleh Departemen Keuangan. Akademi ini didirikan dalam rangka menyediakan tenaga ahli yang kompeten di bidang keuangan negara dalam rangka pelimpahan tugas administrasi negara.
  • (1963) Akademi Dinas Pemeriksa Keuangan (ADPK) didirikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Akedemi ini berawal dari sebuah kursus, dan masa pendidikannya memakan waktu 5 tahun
  • (1967) Institut Ilmu Keuangan atau disingkat dengan IIK yang didirikan pada tahun 1967 berdasarkan Keppres  No.167 tahun 1968. IIK merupakan sebuah peleburan dari sekolah tinggi yaitu STIKN, ATN, dan ADPK yang telah terbentuk perguruan tinggi setara dengan perguruan tinggi lainnya yang telah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi. Tetapi pada akhirnya IIK dibubarkan pada tahun 1975.
  •  (1975) STAN pada awalnya bukan merupakan perubahan dari Sekolah tinggi IIK. STAN merupakan salah satu Pusdiklat di bawah Badan Pendidikan dan Latihan keuangan (BPLK) yang telah dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 45 tahun 1974. Pada tanggal 17 Maret 1975 melalui Surat Keputusan Nomor 13495/MPK/1975 memperoleh iji penyelenggaraan pendidikan terhadapap akuntan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  • (2015) Pada tanggal 15 Juli 2015 keluarlah Peraturan Menteri Keuangan RI No. 137/PMK.01/ 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keuangan Negara STAN yang menandai berdirinya Politeknik Keuangan Negara STAN. STAN mendapatkan kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi mulai dari jenjang Diploma I hingga Doktor (S3) Terapan.
Pada mulanya STAN berlokasi di Kampus Purnawarman, kemudian pada tahun 1988 terdapat juga di Kampus Bintaro. nah Di Kampus Bintaro inilah yang lebih dikenal sebagai Kampus STAN,Sebelum terkenal dengan nama kampus STAN Bintaro, dulunya kampus tersebut bernama Kampus STAN Jurangmangu.

Kenapa disebut kamus STAN Jurangmangy ? karena pintu masuk utama ke kampus PKN STAN hanya dari arah Jalan Ceger Raya Jurangmangu Timur. Baru sekitar tahun 2001 pintu masuk dari arah Jalan Bintaro Utama dibuka dan bahkan menjadi pintu utamanya loh , sehingga masyarakat disitu lebih mengenal kampus ini dengan sebutan kampus PKN STAN Bintaro.

dan Pada tahun 2009 dibangun sebuah icon baru kampus berupa kolam air mancur besar nah icon inilah yang sering digunakan para mahasiswa/wi untuk berfoto kalau kalian mampir ke PKN STAN jangan lupa untuk berfoto disini hehehehe :p.

Nah sekian lah penjelasan kakak tentang perubahan nama PKN STAN Dari waktu ke waktu. sekarang udah tau kan gimana sejarah dari PKN STAN. Jadi tambah semangatkan untuk jadi mahasiswa stan. sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya bye 😍


THANK YOU.... SUDAH MEMBACA ARTIKEL INI.....SEMOGA BERMANFAAT 😄

0 Response to "Profil dan Sejarah berdirinya PKN STAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel