Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Adverbial Clause : Pengertian, Jenis, dan Contoh Soal

Edukasistan.com - Hello guys! Pada Kesempatan kali ini, aku akan membahas mengenai Adverbial Clause Mulai dari Pengertian Adverbial Clause, Jenis Adverbial Clause beserta dengan Rumus Adverbial Clause dan juga diakhir artikel nanti aku akan memberikan Contoh Soal Adverbial Clause.

Kalian belum bosan-kan belajar tentang kata keterangan dalam bahasa Inggris? Dalam artikel-artikel sebelumnya, aku sudah pernah membahas beberapa jenis adverb dalam bahasa Inggris. Nah kali ini, kita akan melanjutkan mempelajari Adverbial Clause atau klausa keterangan

Klausa ini memiliki berbagai jenis dan fungsinya yang berbeda. Apa saja itu? Langsung aja, kalian baca pembahasannya di bawah ini sampai akhir artikel ya!

Pengertian Adverbial Clause

Pengertian, Jenis, dan Contoh Soal Adverbial Clause
Pengertian, Jenis, dan Contoh Soal Adverbial Clause

Adverbial clause adalah suatu klausa yang berfungsi sebagai kata keterangan dalam suatu kalimat. Klausa ini menjelaskan tentang waktu, tempat, cara, sebab, atau alasan dari suatu tindakan atau kejadian yang terjadi dalam kalimat.

Adverbial clause biasanya diawali dengan sebuah kata depan seperti "when", "where", "since", "because", "although", dll. dan seringkali memiliki subjek dan predikat yang terpisah. Misalnya, dalam kalimat "I will go to the store after I finish my homework", klausa "after I finish my homework" adalah sebuah adverbial clause yang menjelaskan waktu dari aksi "pergi ke toko".

Adverbial clause dapat membantu memberikan informasi yang lebih rinci dan mendetail tentang suatu tindakan atau kejadian dalam suatu kalimat.

Jenis-Jenis Adverbial Clause

Ada beberapa jenis adverbial clause yang berfungsi sebagai kata keterangan dalam suatu kalimat, antara lain:

  • Adverbial Clause of Time : menjelaskan tentang waktu suatu tindakan atau kejadian. Contoh: "After I finish my dinner, I will watch TV."
  • Adverbial Clause of Place : menjelaskan tentang tempat suatu tindakan atau kejadian. Contoh: "Wherever I go, I always bring my camera."
  • Adverbial Clause of Reason : menjelaskan tentang sebab atau alasan suatu tindakan atau kejadian. Contoh: "Because it was raining, I took an umbrella."
  • Adverbial Clause of Purpose : menjelaskan tentang tujuan atau maksud suatu tindakan atau kejadian. Contoh: "I study hard so that I can get a good job."
  • Adverbial Clause of Manner : menjelaskan tentang cara atau bagaimana suatu tindakan atau kejadian terjadi. Contoh: "As quietly as I could, I sneaked into the room."
  • Adverbial Clause of Comparison : menjelaskan tentang perbandingan suatu tindakan atau kejadian. Contoh: "As fast as he could, he ran to the finish line."
  • Adverbial Clause of Concession : menjelaskan tentang kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Contoh: "Although it was raining, she still went outside."

Setiap jenis adverbial clause memiliki tugas dan fungsi yang berbeda dalam menjelaskan suatu tindakan atau kejadian dalam suatu kalimat.

Akan tetapi, kali ini aku tidak akan membas semuanya, Hanya 3 Jenis Advebial Clause aja yang akan aku bahas yaitu Adverbial Clause of Reason, Adverbial Clause of Concession, dan Adverbial Clause of Purpose. Buka hanya itu saja, tetapi aku akan memberikan Tips dan Trick untuk menjawab soal Adverbial Clause.

1. Adverbial Clause of Reason

Adverbial Clause of Reason adalah jenis klausa keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan tentang sebab atau alasan dari suatu tindakan atau kejadian yang terjadi dalam kalimat. Pengertian simplennya yaitu Anak kalimat yang berfungsi untuk menyatakan pertentangan. Klausa ini sering diawali oleh kata depan seperti "because" atau "since".

Kata Kunci : Because, as, since,for, because of, owning to, due to

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Reason:

  • "Because it was raining, I took an umbrella." (Karena hujan, saya membawa payung)
  • "Since he was tired, he went to bed early." (Karena dia lelah, dia tidur lebih awal)

Adverbial Clause of Reason memberikan informasi penting tentang alasan suatu tindakan atau kejadian terjadi, sehingga membuat kalimat menjadi lebih rinci dan mendetail.

a. Rumus Adverbial Clause of Reason ke-1

Rumus ini Khusus untuk kata kunci Because, As, Since, For

Adverb Clause of Reason
Rumus Adverb Clause of Reason 2.1

Rumus ini dapat digunakan, sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat dan berpotensi menjadi kalimat. intinya ada subject dan predikat

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Reason:

  • Since he was tired
  • Because it was raining

b. Rumus Adverbial Clause of Reason ke-2

Rumus ini Khusus untuk kata kunci because of, owning to, due to

Adverbial Clause of Reason
Rumus Adverb Clause of Reason 2.2

Digunakan jika deretan kata tidak membentuk Subjek dan Predikat, Intinya tidak ada kata kerja/kata kerja bantunya dan diakhiri dengan kata benda/noun. jika kalian binggung apa itu noun? kalian bisa mempelajarinnya dulu di materi Noun dan Noun Phrase.

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Reason:

  • Due to the heavy traffic, I arrived at the office late." (Karena macet, saya tiba di kantor terlambat)

Dalam kalimat tersebut, adverbial clause "due to the heavy traffic" berfungsi sebagai kata keterangan yang menjelaskan alasan tindakan "sampai di kantor terlambat". Kata depan "due to" digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian terjadi karena suatu sebab. Dalam hal ini, kejadian "sampai di kantor terlambat" terjadi karena adanya kemacetan.

2. Adverbial Clause of Concession

Adverbial Clause of Concession adalah jenis klausa keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan tentang kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Pengertian Simple-nya yaitu Anak kalimat yang berfungsi untuk menyatakan pertentangan. Klausa ini sering diawali oleh kata depan seperti "although", "even though", atau "despite".

Kata Kunci : Althought, thought, eventhough, even if, despite, in spite of
Catatan! : tidak ada kata despite of dan in spite. (biasa ini untuk pengecoh peserta Ujian)

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Concession:

  • "Although it was raining, she still went outside." (Meskipun hujan, dia masih pergi ke luar)
  • "Even though he was sick, he went to work." (Meskipun sakit, dia masih pergi kerja)

Adverbial Clause of Concession memberikan informasi penting tentang kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi, sehingga membuat kalimat menjadi lebih rinci dan mendetail.

a. Rumus Adverbial Clause of Concession ke-1

Rumus ini Khusus untuk kata kunci Althought, thought, eventhough, even if

Adverbial Clause of Contrast
Rumus Adverb Clause of Concession 3.1

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Concession:

  • Although it rains heavily, he still goes out. (Meski hujan deras, dia tetap keluar)
  • Even if it rains, I will still go to the park. (Meskipun hujan, saya masih akan pergi ke taman)

Dalam kalimat tersebut, adverbial clause "even if it rains dan Although it rains heavily" berfungsi sebagai kata keterangan yang menjelaskan kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Kata depan "even if dan Although" digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu tindakan akan terjadi meskipun ada kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Dalam hal ini, tindakan "pergi ke taman" akan tetap terjadi meskipun hujan.

b. Rumus Adverbial Clause of Concession ke-2

Rumus ini Khusus untuk kata kunci Despite, in spite of

Adverbial Clause of Contrast
Rumus Adverb Clause of Contrast 3.2

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Concession:

  • "Despite your poorness, you can send your children to university." (Terlepas dari kemiskinan Anda, Anda dapat mengirim anak-anak Anda ke universitas)
  • "In spite of the heavy rain, the soccer match was still held." (Meskipun hujan deras, pertandingan sepakbola masih dilaksanakan)

Dalam kalimat tersebut, adverbial clause "in spite of the heavy rain dan Despite your poorness" berfungsi sebagai kata keterangan yang menjelaskan kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Kata depan "in spite of dan Despite" digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian terjadi meskipun ada kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Dalam hal ini, kejadian "pertandingan sepakbola dilaksanakan" terjadi meskipun hujan deras.

3. Adverbial Clause of Purpose

Adverbial Clause of Purpose adalah jenis klausa keterangan yang berfungsi untuk menjelaskan tujuan atau maksud dari suatu tindakan. Pengertian Simplennya yaitu anak kalimat yang berfungsi untuk menerangkan tujuan dari suatu pekerjaan. Klausa ini sering diawali oleh kata depan seperti "so that", "in order that", atau "to".

Kata Kunci : So that, In order that, so as to, in order to, in order for

Contoh KalimatAdverbial Clause of Purpose:

  • "She studies hard so that she can get a good grade." (Dia belajar keras agar dapat mendapatkan nilai baik)
  • "I wake up early in order that I can exercise." (Saya bangun pagi agar dapat berolahraga)

Adverbial Clause of Purpose memberikan informasi penting tentang tujuan atau maksud dari suatu tindakan, sehingga membuat kalimat menjadi lebih jelas dan mendetail.

a. Rumus Adverbial Clause of Purpose ke-1

Rumus ini Khusus untuk kata kunci So that, in order that

Adverbial Clause of Purpose
Rumus Adverb Clause of Purpose 4.1

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Purpose:

  • "I bring an umbrella so that I won't get wet." (Saya membawa payung agar tidak basah)
  • "She learned to cook in order that she could make healthy meals." (Dia belajar memasak agar dapat membuat makanan sehat)

"So that" dan "in order that" memiliki arti dan fungsi yang sama, yaitu untuk menjelaskan tujuan atau maksud dari suatu tindakan. Kedua contoh di atas menunjukkan bahwa tindakan "membawa payung" dan "belajar memasak" dilakukan dengan tujuan tertentu, yaitu untuk menghindari kondisi basah dan membuat makanan sehat.

b. Rumus Adverbial Clause of Purpose ke-2

Rumus ini Khusus untuk kata kunci So as to, in order to

Adverbial Clause of Purpose
Rumus Adverb Clause of Purpose 4.2

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Purpose:

  • "She saves money in order for her to travel the world." (Dia menabung uang agar dapat bepergian ke seluruh dunia)
  • "She learns to play piano in order to entertain her guests." (Dia belajar bermain piano agar dapat menghibur tamu-tamunya)

"So as to" dan "in order to" juga memiliki arti dan fungsi yang sama, yaitu untuk menjelaskan tujuan atau maksud dari suatu tindakan. Kedua contoh di atas menunjukkan bahwa tindakan "mematikan telepon" dan "belajar bermain piano" dilakukan dengan tujuan tertentu, yaitu untuk menghindari gangguan dan menghibur tamu.

c. Rumus Adverbial Clause of Purpose ke-3

Rumus ini Khusus untuk kata kunci in order for

Adverbial Clause Clause of Purpose
Rumus Adverb Clause of Purpose 4.3

Contoh Kalimat Adverbial Clause of Purpose:

  • "She saves money in order for her to travel the world." (Dia menabung uang agar dapat bepergian ke seluruh dunia)

"In order for" juga memiliki fungsi yang sama dengan "so as to" dan "in order to", yaitu untuk menjelaskan tujuan atau maksud dari suatu tindakan. Contoh di atas menunjukkan bahwa tindakan "menabung uang" dilakukan dengan tujuan tertentu, yaitu untuk membiayai perjalanan ke seluruh dunia.

Contoh Soal Adverbial Clause

1. Mukhtar's flight from amsterdam to london wasdelayed......the heavy fog (USM STAN 2015)
  1. As result
  2. Owning to
  3. Because
  4. Instead of
Jawaban : B

A dan D sudah pasti salah karena tidak ada dalam adverb clause. Setelah titik-titik bertemu noun phrase maka harus menggunakan Rumus Adverbial Clause of Reason ke-2 harus menggunakan Because of, Owning to, Due to. Dikarenakan di opsi cuman ada Owning to Maka sudah pasti jawabannya D. Owning to. Kenapa Opsi C salah? karena Because aja harus bertemu S+P

2. .... the tardy response, I was not allowed to enter the institution. (USM STAN 2014)
  1. Despite
  2. In spite of
  3. Because
  4. Because of
Jawaban : D

ada despite dan in spite of dalam opsi maka jawaban sudah pasti bukan itu, karena mempunyai makna yang sama. Setelah titik-titik bertemu dengan noun phrase maka rumusnya Adverbial Clause of Reason ke-2 harus menggunakan Because of, Owning to, Due to. Dikarenakan di opsi cuman ada Because of Maka sudah pasti jawabannya D. Because of. Kenapa Opsi C salah? karena Because aja harus bertemu S+P

Itulah mengenai Materi Adverbial Clause. aku harap kalian sudah paham dan jika materi ini berguna, tolong bagikan ya. Jika ada yang masih kurang paham, jangan ragu untuk memberikan komentar di bawah. Dan jika ingin mengetahui informasi terbaru tentang SBMPTN, PKN STAN, dan CPNS, silakan follow akun instagram kami karena aku lebih aktif berbagi informasi disana dibandingkan di media sosial lain.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020