Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

9 Motivasi Jack ma dalam Berbisnis

Edukasistan.com - Siapa sih yang tidak tau Jack ma, salah satu orang terkaya dichina yang dulunya memiliki banyak kesulitan tetapi sekarang sukses dalam berbisnis. Jack ma lahir pada 10 September 1964 dia pendiri dan direktur utama alibaba group, salah satu perusahaan berbasis internet paling sukses didunia. Dengan kekayaan bersih 275 miliar yuan atau sekitar 545,5 triliun.  tetapi saat ini jack ma memutuskan untuk berhenti dan pensiun dari alibaba group di usia 55 tahun.


Motivasi Jack ma

Perjalanan karirnya menuju puncak kesuksesan betul-betul kisah perjalan yang membuat orang biasa yang berubah menjadi sangat kaya raya. Sebelum mendirikan alibaba, Jack ma adalah seorang guru Bahasa Inggris di Hangzhou Normal Collage. Sebelum seperti sekarang Jack ma mengalami berbagai kesulitan. Dia pernah gagal dalam ujian universitas. dan Ketika KFC masuk ke china, 24 orang melamar sebagai karyawan, 23 orang diterima dia satu-satunya yang di tolak.

Terlepas dari hambatan-hambatan tersebut, Jack ma bertekad untuk memulai usahanya. ia meminjam uang dari relasi-relasinya dan membuka kantor bersama 17 orang mitra di apartemen kecilnya di Hangzhou. Pada babak awal, perusahaan ini tidak mendapatkan laba. Tetapi pada tahun ketiganya perusahaan itu akhirnya meraup laba. Visi Jack ma yang unik, dan tekadnya yang tak surut telah membuat alibaba menjadi perusahaan e-commerce paling dominan di china sekarang ini. Salah satu moto Jack ma yang paling terkenal adalah "Jangan pernah menyerah dengan keadaan" moto ini mencerminkan sikap yang dipegangnya dalam menghadapi penolakan.

lalu apa saja Motivasi Jack Ma dalam Berbisnis ? Berikut kalimat motivasi yang pernah dia ucapkan di Tv maupun wawancara media.

9 Motivasi Jack Ma dalam Berbisnis
1. Jangan Pernah Menyerah

Motivasi Jack ma

"Bila kamu tidak menyerah kamu mempunyai kesempatan, Tetapi jika kamu menyerah semua akan berakhir". Mungkin kata-kata ini harus kamu ingat karena kita pasti menemukan banyak kegagalan dalam hal apapun, Tetapi ingat jangan sampai kita menyerah,karena kalau kita menyerah semuanya akan berakhir.

Jack ma pernah ditolak 30 perusahan tetapi dia tidak pernah menyerah. Kecewa,Lelah itu hal yang wajar, karena tidak semua rencana kita akan terwujud dengan keinginan kita. tetapi pastikan rasa-rasa itu tidak membuat kalian menyerah.

2. Keluar dari Zona Nyaman

Motivasi Jack ma

Pasti diantara kita takut untuk keluar dari zona nyaman kita, Padahal ketika kita keluar dari zona nyaman kita, kita bisa membuat diri kita lebih berkembang. inget tidak ada bajak laut yang hebat di tempat air yang tenang.

Lihat juga : Kumpulan Kata-Kata Bijak Jack ma

Jadi jika kamu punya mimpi, wujudkanlah mimpi itu. Tetapi pastikan kalau kamu sudah mempunyai Planing yang tepat. Jika kamu ingin menjadi pembisnis maka pelajari cara caranya.

3. Tetap Fokus

Motivasi Jack ma

Mungkin kamu mempunyai beberapa rencana bisnis. tapi bingung mau mulai yang mana dulu mungkin kata-kata diatas cocok buat kamu yang sedang mengalami hal serupa. fokus pada satu tujuan, jika kamu mempunyai visi samakan rencana bisnismu dengan visi mu.

tetapi jangan kelamaan mikir tentang rencana tapi eksekusinya yang paling penting. Pilihlah rencana bisnis yang menurut kamu itu akan berhasil. Lalu setelah itu eksekusi !!!

4. Tentang Perubahan

Motivasi Jack ma

Kalau kamu sudah mencapai puncak kejayaan mu jangan lupa untuk berubah cari inovasi yang lebih baik lagi. Jangan terlalu nyaman dengan posisi puncakmu karena lama kelamaan itu akan menghancurkan kamu.

Lihat Juga : Bimbel Gratis PKN STAN

Ingat dimana nokia dan BBM dulu berada dipuncak dan kini menjadi hancur. Karena mereka terlalu nyaman dengan posisi mereka, mereka menjadi lupa bahwa teknologi akan semakin baik dan perubahan akan cepat. Boleh menikmati masa-masa kejayaan, tetapi jangan terlalu nyaman karena itu bisa menghancurkan kamu.

5. Kompetisi adalah Hal yang Umum

Motivasi Jack ma

Di dalam bisnis tidak mungkin tidak ada pesaing. Pesaing akan selalu ada, tapi jangan terlalu fokus dengan pesaing, karena jika kamu fokus terhadap pesaing, kamu akan bergerak jika pesaing kamu bergerak dan itu akan merugikan mu. Tanpa pesaing kita tidak bisa mengalami perkembangan, maka dari itu kita memerlukan kompetitor.

Teapi jangan memusuhi mereka tapi rangkul mereka dan buat analisis tentang konsep mereka. pesaing tidak akan bisa menjatuhkan kamu, cuman kamu yang bisa menjatuhkan diri sendiri

6. Uang Bukan Segalanya

Motivasi Jack ma

Uang bukan segalanya !!! Selain keuangan, mimpi dan semangat menjadi salah satu dan faktor utama pendorong paling kuat dalam membangun usaha. Ketika kita mengalami kendala dalam berjuang, uang tidak bisa menyelesaikannya, tentapi impian kita lah yang menguatkan kita untuk terus berjuang.

Lihat Juga : Kata-Kata Bijak Bergambar Anime Naruto

Uang selalu mengikuti manusia dan manusia harus mengikuti impiannya. Jack ma dengan segala usaha dan ide-ide briliannya, ia bisa membuat perusahaanya menjadi besar.

7. Tentang Kegagalan

Motivasi Jack ma

Kegagalan itu hal yang pasti tapi pastikan itu tidak menghambat anda dalam berjuang. buat konsep kamu dan lakukan saja. toh jika kamu gagal, kamu masih mempunyai konsepnya dan itu tidak membuat kamu membangun dari awal lagi. kamu juga bisa mewariskan konsep kamu ke teman, anakmu, atau sudaramu. bahkan jika kamu gagal sesorang akan berhasil.

8. Beri Kesempatan Untuk Anak Muda

Motivasi Jack ma

Jika kamu sudah tua investasikan apa yang kamu punya ke anak muda, entah itu hal materi,ilmu atau apapun itu. Karena dia lebih baik dari kamu, dia mempunyai mimpi, dia mempunyai semangat yang lebih baik dari kamu.

Jangan takut uang mu akan habis atau ilmu mu disalah gunakan. ketika kamu menanam benih di pikiran mereka, merekan akan tumbuh sesuai apa yang kita tanam. dan ketika mereka sudah besar mereka akan mampu mewujudkan mimpi kita.

9. Selalu Semangat

Motivasi Jack ma

dari semua motivasi diatas, ini yang paling penting. Jangan ngeluh tetap semangat, Jack ma dulu hanya seorang guru bahasa inggris yang hanya digaji $10/bln. tetapi sekarang tumbuh menjadi bos di salah satu perusahaan raksasa dichina. dia tetap semangat dan tidak pernah mengeluh !!!

" Hari ini mungkin berat, besok akan lebih berat tetapi percayalah bahwa lusa akan indah". mungkin itu salah satu kata-kata dia yang paling terkenal. jadi pastikan bahwa kamu tetap semangat dalam berbisnis ya.

itulah beberapa Motivasi Jack ma dalam Berbisnis yang pernah di katakan. baik didalam wawancara,seminar, atau di tv. Semoga dengan kata-kata diatas membuat kita semangat dan tdak pernah menyerah. Jika ini bermanfaat bantuk share ya dan Terima kasih sudah membaca.
Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020