Pendudukan Jepang di indonesia

Edukasistan.com - Hallo guys! sebelumnya kita telah membahas tentang Pergerakan Nasional Indonesia. Maka sekarang kita akan membahas Materi TWK yang lainya yaitu Pendudukan Jepang di indonesia. Pada zaman dulu Bangsa Indonesia dikenal sebagai suatu negara yang banyak akan Sumber Daya Alamnya. 


Saking banyaknya, negeri indonesia, sering menjadi incaran oleh bangsa-bangsa lainnya. Sumber Daya Alam yang dimiliki bangsa Indonesia yaitu, minyak bumi dan gas, hingga berbagai logam mahal seperti halnya emas, perak, tembaga, nikel, timah dan juga batubara.

Tujuan Jepang Masuk ke Indonesia

Kita semua tahu betul, pemerintah kolonial belanda mengendalikan semua kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Pada saat itu, Jepang juga merupakan tujuan mengekspor Hindia Belanda. Yah, karena keadaan dalam status siaga, maka Hindia Belanda mengubah ekspor dari Jepang ke Amerika Serikat dan Inggris.

Nah Inilah salah satu yang menjadikan pemicu sejarah Jepang masuk wilayah Indonesia. karena Kala itu Jepang merasa khawatir tidak bisa memenuhi semua kebutuhan bahan bakar untuk perang dan industrinya

Sejarah Masuknya Jepang ke Indonesia

Pada tahun 1942 tepat tanggal 11 Januari 1942, Negara Jepang dan lebih dari 20.000 tentara Angkatan Laut berhasil mendarat di pantai timur wilayah Tarakan, Kalimantan Timur.

Begitu mereka tiba di Tarakan, para pasukan Jepang disambutoleh beberapa tentara belanda yang sudah lamamenduduki wilayah tersebut.Pasukan Belanda tentu tidak terima, dan menyerang pasukan jepang, sehingga terjadilahbaku tempak dan pertempura diwilayah itu.

dan pada tahun yang sama pula, penduduk bagian Sumatra menerima bantuan Jepang untuk merayakan kebebasan penjajahan terhadap pemerintah Belanda di Indonesia. Singkatnya, pada bulan Maret 1942, pasukan Belanda akhirnya dikalahkan oleh tentara Jepang.

Faktor Penyebab Jepang Berhasil Masuk ke Asia Timur dan Asia Tenggara

ada beberapa Faktor yang menjadi Penyebab Jepang berhasil Masuk ke wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara antara lain :
  • Jepang berhasil menghancurkan pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii, tepat pada tanggal  7 Desember 1941.
  • Negara-negara induk seperti Inggris,Prancis, serta Belanda sedangmenghadapi peperangan di benuaEropa melawan Negara Jerman.
  • Yang terakhir setia Bangsa-bangsa Asia sangatpercaya dengan adanya semboyanJepang yaitu "Gerakan Tiga A". Jepang Pemimpin Asia, Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia

Tujuan Jepang Masuk Ke Indonesia

Alasan mengapa Jepang datang di Indonesia bertujuan untuk mendapatkan cadangan logistik dan bahan perang industri, seperti minyak bumi, timah dan aluminium. Diperkirakan bahwa pasokan minyak Indonesia dapat memenuhi kebutuhan Jepang selama Perang Pasifik.

Baca Juga : Sistem Tata Negara Indonesia Menurut UUD

Oleh sebab itu dengan memasuki wilayah Indonesia, Jepang telah menjadi negara fasis dengan ideologi fasisme. Apa itu fasisme? Fasisme merupakan sistem dimana kekuasaan pemerintahannya berada di sebuah diktator otoriter. 

Kebijakan Pemerintah Jepang


1. Dalam Bidang Ekonomi

  • Memperluas bagian sawah untuk meningkatkan produksi pangan.
  • Melakukan pengawasan disektor pertanian dan perkebunan yang tujuannya adalah untuk mengontrol setiap harga barang. 

2. Dalam Bidang Pemerintahan

  • Pemerintah pendudukan Jepang adalah pemerintahan yang sangat diktator. 
  • Untuk memudahkan setiap pengawasannya, Pemerintah jepang membagi setiap pemerintahnnya menjadi beberapa bagian yang tujuannya agar semua daerah dapat dikendalikan oleh kepentingan pemerintah tentara Jepang.

3. Dalam Bidang militer

  • Orang-orang Indonesia hampir selalu terlibat dalam beberapa organisasi, baik militer dan semiliteror, dengan tujuan bangsa Indonesia untuk membantu pemerintah Jepang dalam upaya memenangkan perang melawan Sekutu. 
  • Beberapa organisasi militer yang dibentuk oleh pemerintah Jepang antara lain : Seinendan (barisan para pemuda), Keibodan (Barisan untuk membantu para Polisi), Fujinkai (Barisan untuk para Wanita), Heiho (Jepang Soldier Assistant), Syuisyintai (PBarisan pelapor), Jawa Hokokai (Himpunan rakyat jawa), PETA (Pembela Tanah air)

4. Dalam Bidang sosial dan Budaya

  • Selama masa pemerintahan Jepang, seluruh media diawasi secara ketat.
  • Namun, surat kabar dan radio juga bekerja untuk memperluas perkembangan Indonesia.

Perlawanan rakyat Indonesia ke Jepang.

Beberapa Perlawanan masyarakat Indonesia terhadap Jepang dilakukan dengan beberapa cara antara lain :

1. Berjuang melalui organisasi yang dibuat di Jepang.

Para pendiri bangsa menggunakan salah satu organisasi yang mereka bentuk yaitu PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat). yang dibentuk pada tanggal 1 Maret 1943 dan dipimpin oleh 4 serangkai, antara lain : Ir Soekarno, Moh Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan K.H Mas Manshur.

Adapun Tujuan berdirinya PUTERA:
  • Agar beberapa kaum nasionalis dan intelektual bisa berkontribusi membantu kepentingan jepang
  • Akan tetapi, oleh para pemimpin Indonesia, PUTERA digunakan untuk mempertahankan indonesia dan membela masyarakat indonesia dari kekejaman Bangsa jepang. 

2. Menggunakan Barisan pelopor (Syuisyintai)

Syuisyintai adalah pemuda dari jawa, yang dibentuk pada bulan Agustus tahun 1944 oleh tentara Jepang. yang diketuai oleh Ir Soekarno, dan kepala sekretarianyya Sudiro, serta anggotanya Chaerul Saleh,  Ahmad Hadi, Sukardjo dan Otto Iskandar dinata. Tetapi Setelah kemerdekaan, organisasi ini dikenal sebagai garis benteng.

Adapun tujuan Syuisyintai didirikan yaitu :
untuk memperdalam kesadaran akan kewajiban orang dan membangun persaudaraan semua orang. Pada awalnya, karena dasar keputusan pertemuan Chuo-Sangi-in (Dewan Penasihat Pusat). 

Baca Juga : Hak Asasi Manusia

Salah satu keputusan pertemuan adalah merumuskan cara untuk mendorong kesadaran publik untuk memenuhi kewajiban dan membangun persaudaraan untuk mempertahankan tanah air serangan musuh. Tujuan dari perintis deretan ucipulasi adalah untuk meningkatkan kesadaran publik, sehingga siap membantu Jepang mempertahankan Indonesia.

3. Menggunakan Badan Penasihat Pusat (Chuo Sangi in)

Chuo Sangi En adalah sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas proposal pemerintah dan menjawab pertanyaan tentang masalah politik, dan menyarankan tindakan yang diperlukan oleh pemerintah militer Jepang.

Badan ini dibentuk pada 1 Agustus 1943 yang diketuai oleh Ir Soekarno dan anggota terdiri dari 43 orang diantaranya 23 anggota jepang dan 20 anggota orang indonesia.

Adapun Tujuan dibentuknya Chuo Sangi En adalah sebagai saran atau pertimbangan kepada Seiko Shikikan (putusan terbesar Tentara Jepang).untuk menyarankan tindakan apayang harus dilakukan oleh pemerintah tentara Jepang di Indonesia.

4. Majelis Islam A'la Indonesia (Miai)

Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI) dibentuk oleh K. H. Mas Mansur, K.H Wahab Hasbullah, dan Wondoamisenodi Surabaya pada tahun 1937. Di dalam perkembangannya, Jepang merasakan pembentukan MIAI tidak menguntungkan bagi pemerintahananya. 

Oleh sebab itu, pada bulan Oktober 1943, MIAI dibubarkan di sisi lain, sebuah organisasi baru yang disebut Dewan Syuro Muslim Indonesia (Masyumi) terbentuk.

Tujuan Di bentuknya MIAI adalah untuk memperkuat hubungan antara asosiasi Islam dengan Islam Indonesia di luar Indonesia dan menyatukan suara-suara untuk mempertahankan Islam.

5. Berjuang Bersenjata.

Perjuangan bersenjata merupakan perlawanan dengan menggunakan senjata.

a. Perjuangan senjata yang dilakukan oleh masyarakat indonesia.

  • Perlawanan yang di lakukan rakyat  aceh di Cot Pleing di Cot Pleing, pada tanggal 10 November 1942.
  • Perlawanan yang di lakukan rakyat di Pontianak pada tanggal 16 Oktober 1943.
  • Perlawanan yang di lakukan rakyat di Jawa Barat, pada tangggal 25 Februari 1944.
  • Perlawanan rakyat yang di lakukan  di Cidempet, Indramayu, pada tanggal 30 Juli 1944.
  • Perlawanan rakyat yang dilakukan di Irian Jaya, pada tahun 1944.

b. Perlawanan bersenjata yang dilakukan PETA

  • Perlawanan PETA yang dilakukan di Blitar,pada tanggal 29 Februari 1945.
  • Perlawanan PETA yang dilakukan di Meureudu, Aceh, pada tanggal November 1944.
  • Perlawanan PETA yang dilakukan di Gumilir, Cilacap, pada tanggal April 1945.

Itulah beberapa mengenai Pendudukan Jepang Di indonesia, yang bisa aku bahas diantaranya Sejarah masuknya jepang, Tujuan Jepang masuk keindonesia serta perlawanan rakyat indonesia terhadap pemerintahan jepang.Semoga apa yang aku sampaikan bisa dicerna dengan baik, semoga bermanfaat dan sampai bertemu di Materi TWK selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel