Sejarah lengkap pembentukan BPUPKI

Edukasistan.com - Hallo guys! dimateri kali ini aku akan membahas salah satu Materi TWK secara lengkap mengenai BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI merupakan badan yang di bentuk oleh tentara jepang. apa sih alasan jepang membentuk bpupki? untuk lebih jelasnya yuk baca penjelasan dibawah ini.


Pada dasarnya tujuan utama terbentuknya BPUPKI sebagai rakyat indonesia yaitu untuk mengkaji, dan mendalami, serta menyelidiki bentuk dasar negara yang pas untuk sistem pemerintahan indonesia setelah kemerdekaan. Jadi, pada intinya BPUPKI dibentuk untuk mempersiapkan beberapa proses kemerdekaan Indonesia.

Badan Penyelidik Usaha Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
Tetapi bagi tentara jepang dibentuknya BPUPKI agar mendapatkan simpati dari rakyat indonesia agar mau membantu tentara jepang melawan sekutu. Jadi bisa dikatakan bahwa tentara jepang tidak sepenuhnya tulus memberikan kemerdekaan bagi negara indonesia.

dikarenakan saat itu jepang mengalami kekalahan melawan tentara sekutu dan membutuhkan dukungan oleh sebab itu dibentuklah BPUPKI agar rakyat indonesia mau mendukung tentara jepang melawan sekutu agar dapat mewujudkan pemerintahan kolonialnya.

Sejarah Pembentukan BPUPKI

BPUPKI atau dalam bahasa jepangnya Dokuritsu Junbi Chōsa-kai merupakan badan yang dibuat oleh tentara jepang. kepanjangan dari bpupki adalah Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan. seperti yang kita tau bahwa BPUPKI dibentuk pada tanggal 29 april 1945 dan juga diresmikan pada tanggal 28 mei 1945.

BPUPKI diketuai oleh dr radjiman wedyodiningrat dan mempunyai anggota 67 orang di antaranya 60 orang berasal dari indonesia dan 7 orang berasal dari negara jepang. 

Seperti yang aku singgung sebelumnya bahwa Dalam situasi kritis perang dunia 2, tepat pada 1 Maret 1945, seorang Letnan Jendral Kumakici Harada, yang merupakan pemimpin pemerintahan Jepang di Jawa, mengumumkan untuk membentuk sebuah badan agar dapat memproses kemerdekaan indonesia yang sekarang kita kenal dengan sebutan BPUPKI.

Nah Pembentukan badan tersebut tujuannya agar rakyat indonesia dapat menyelidiki hal-hal penting yang berkaitan dengan pembentukan negara pasca kemerdekaan. Badan ini diketuai oleh Dr. K.R.T. Radjiman Wediodiningrat yang diangkat pada tanggal 29 April 1945 sebagai ketua (Kaico).

Sementara itu ada juga yang ditunjuk sebagai Ketua Muda atau Fuku Kaico yaitu seorang bernama Icibangase. Lalu kemudian ditunjuk R.P. Suroso sebagai Kepala Sekretariat yang  di bantu oleh Toyohito Masuda dan Mr. A.G. Pringgodigdo.

Lalu kapan BPUPKI dibubarkan? BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945 Penyebab dibubarkanya karena BPUPKI dianggap telah selesai melakukan tugas-tugasnya dengan sangat baik.

Selama masa BPUPKI terbentuk, BPUPKI secara resmi telah melakukan sidang sebanyak 2 kali. Pada sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei s/d1 Juni 1945 yang tugasnya untuk merumuskan dasar negara. Lalu kemudian pada sidang kedua BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 10 Juli s/d 17 Juli 1945 yang tugasnya untuk membahas bentuk negara, wilayah negara dan rancangan undang-undang dasar.

Tujuan pembentukan BPUPKI

Lalu apa sih sebenarnya tujuan dibentuknya BPUPKI? seperti yang aku singgung sebelumnya bahwa tujan dibentuknya BPUPKI terbagi 2 tujuan. yang pertama tujuan untuk golongan rakyat indonesia dan kedua tujuan dari tentara jepang.

Tujuan dibentuknya BPUPKI bagi rakyat indonesia yaitu untuk mengkaji, dan mendalami, serta menyelidiki bentuk dasar negara yang berguna untuk kepentingan sistem pemerintahan Indonesia setelah kemerdekaan. Jadi bisa dikatakan, BPUPKI dibentuk dengan tujuan untuk mempersiapkan proses kemerdekaan Indonesia.

Sementara itu bagi tentara Jepang, Tujuan dibentuknya BPUPKI ialah agar bisa mendapatkan simpati rakyat Indonesia dengan tujuan agar rakyat indonesia mau membantu tentara Jepang melawan sekutu diperang dunia ke2 sehingga mereka memberikan janji kemerdekaan untuk Indonesia.

Karena pada saat itu, tentara Jepang ikut terlibat didalam Perang Dunia 2 melawan tentara Sekutu sehingga pihak Jepang membutuhkan banyak dukungan. Oleh karena itu, pembentukan BPUPKI sebenarnya tidak 100 persen tulus, tetapi agar tentara jepang mendapat dukungan dari indonesia dan juga agar bisa melaksanakan politik kolonialnya.

dan sebenarnya Pada akhir tahun 1944 jepang sering mengalami kekalahan, sehingga posisi jepang diberbagai kawasan asia mulai mengalami desakan. Keadaan ini dikarenakan jepang mengalami kekalahan secara terus menerus di perang pasifik dan perlawanan dari rakyat indonesia. 

Oleh sebab itu Perdana menteri Kunaiki koiso menjanjikan kemerdekaan indonesia didepan parlementer jepang dan pada 1 maret 1945 di bentuklah Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan yang kita kenal dengan sebutan BPUPKI.

Sidang BPUPKI

Selama Pembentukan BPUPKI, mereka telah mengalami 2 kali sidang, sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 mei s/d 1 juni 1945 sedangkan sidang kedua dilaksanakan pada tanggal 10 Juli s/d 17 Juli 1945. Untuk lebih jelasnya baca penjelasan dibawah ini

1. Sidang Pertama BPUPKI

Pada pertama bpupki dilaksanakan pada tanggal 29 mei 1945 s/d 1 juni 1945, dan tujuan dari sidang pertama bpupki antara lain untuk merumuskan dasar negara indonesia dan konstitusi negara yang sekarang kita kecal dengan sebutan PANCASILA.

Adapun beberapa tokoh yang mengemukakan gagasannya disidang pertama antaralain Mohammad Yamin, Mr Soepomo dan Ir Soekarno. Berikut pandangan yang dikemukakan 3 tokoh perumus pancasila dalam sidang bpupki

a. Mohammad Yamin

Didalam sidang pertama BPUPKI Mohammad Yamin mengumukakan pendapatnya Pada tanggal 29 Mei 1945 dengan 2 cara yang pertama secara lisan dan yang kedua secara tulisan. Berikut rumusan dasar negara yang disampaikan secara lisan :
  • Peri kebangsaan 
  • Peri kemanusiaan 
  • Peri ketuhanan 
  • Peri kerakyatan 
  • Kesejahteraan rakyat
Sedangkan Berikut 5 rumusan dasar negara Mohammad Yamin yang disampaikan secara tulisan :
  • Ketuhanan Yang Maha Esa 
  • Kebangsaan Persatuan Indonesia 
  • Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab 
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan 
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

b. Mr Soepomo

Sedangkan untuk Mr Soepomo mengemukakan pendapatnya pada tanggal 31 Mei 1945 didalam pidatonya, Berikut 5 rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Mr Soepomo :
  • Persatuan 
  • Kekeluargaan 
  • Keseimbangan lahir batin 
  • Musyawarah
  • Keadilan rakyat

c. Ir Soekarno

Dan Untuk Ir Soekarno mengemukakan gagasan dasar negara pada tanggal 1 Juni 1945 didalam pidatonya, Berikut 5 rumusan dasar negara yang diusulkan oleh Ir Soekarno :
  • Kebangsaan Indonesia 
  • Internasionalisme atas perikemanusiaan 
  • Mufakat atau demokrasi 
  • Kesejahteraan sosial 
  • dan Ketuhanan yang Maha Esa

Dan dari beberapa usulan yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno ada beberapa yang diterima dan diberi nama Pancasila. Nah kemudian Rumusan ini digunakan sebagai fondasi dan ideologi negara saat ini.

2. Masa diantara Sidang Pertama dan Kedua

Dan sedikit info setelah sidang pertama BPUPKI selesai, mereka belum bisa menentukan kesepakatan mengenai dasar negara yang akan dipakai sebagai dasar negara indonesia. Sehingga, dibentuklah pania kecil yang dikenal sebagai Panitia Sembilan.

Tujuan dibentuknya Panitia sembilan antara lain untuk mendapatkan sebuah keputusan mengenai rumusan dasar negara yang telah dikemukakan oleh 3 tokoh diatas. Adapun susunan keanggotaan dari Panitia Sembilan ini sebagai berikut:
  • Ir. Soekarno sebagai Ketua
  • Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Ketua
  • Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo (Anggota)
  • Mr. Prof. Mohamman Yamin, S.H. (Anggota)
  • Kiai Haji Abdul Wahid Hasjim (Anggota)
  • Abdoel Kahar Moezakir (Anggota)
  • Raden Abikusno Tjokrosoejoso (Anggota)
  • Haji Agus Salim (Anggota)
  • Mr. Alexander Andries Maramis (Anggota)

Dan setelah itu pada tanggal 22 Juni 1945 Ir Soekarno selaku ketua panitia sembilan melaporkan hasil kerja dari pantia sembilan yang menghasilkan rancangan rumusan dasar negara indonesia. 

Adapun Hasil kerja itu di laporkan dalam bentuk Dokumen yang kita kenal dengan sebutan Piagam Jakarta atau jakarta charter. Berikut Rumusan dasar negara indonesia berdasarkan Dokumen dari Piagam Jakarta
  • Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemelukya.
  • Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  • Persatuan Indonesia.
  • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
  • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dan kemudian rancangan ini dapat diterima, lalu kemudian didiskusikan kembali pada persidangan BPUPKI kedua yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 1945 s/d 17 Juli 1945.

3. Sidang Kedua BPUPKI

Lalu apa sih yang di bahas pada sidang BPUPKI kedua? Pada sidang BPUPKI kedua membahas tentang rencana Undang - Undang Dasar, Bentuk negara, Wilayah negara dan lain-lain. Sidang BPUPKI kedua dilaksanakan pada tanggal 10 Juli s/d 17 Juli 1945

Dan dalam persidangan tersebut dibentuklah Panitia Perancang Undang-Undang yang diketuai oleh Ir Soekarno dan berisikan 19 anggota

Tidak hanya itu, pada pertemuan itu juga membentuk Panitia Pembelaan Tanah Air yang diketuai oleh Abikenosn Tjokroso dan Komite Ekonomi dan Keuangan yang diketuai oleh Mohammad Hatta.

Pada 11 Juli 1945, Komite Perancang UUD membentuk panitia kecil yang terdiri dari tujuh orang, diantaranya Prof. Dr. Mr. Soepomo sebagai ketua  dan anggota H. Agus Salim, Mr. Wongsonegoro,Mr. R.P. Singgih, Mr. Achmad Soebardjo, Mr. A.A. Maramis, dan Dr. Soekiman.

Hasil dari Sidang kedua BPUPKI antaralain pembahasan mengenai rancangan undang-undang dasar, bentuk negara,dan wilayah negara serta BPUPKI menjadikan piagam jakarta sebagai pembukaan UUD, adapun beberapa perubahan diantaranya :
  • Di alinea ke-4, perkataan Hukum Dasar diganti dengan Undang-Undang Dasar.
  • Dan berdasarkan kepada ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab", diganti dengan "berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab". 
Setelah itu BPUPKI menyetujui undang-undang dasar negara yang bertepat pada tanggal 16 Juli 1945, kemudian pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan digantikan PPKI, dikarenakan BPUPKI telah dianggap menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik.

Nah itulah pembahasan lengkap yang bisa aku sampaikan mengenai BPUPKI semoga apa yang aku tulis bisa kalian mengerti dan bisa bermanfaat. apabila ada salah kata mohon maaf dan terimakasih sudah membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel