Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Lihat semua Materi Edukasi STAN disini dan Jangan Lupa Follow Instagram kami disini untuk mendapatkan info menarik lainnya

Definisi Akuntansi dan Teori Akuntansi

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan Kali ini aku akan membahas salah satu dari Materi Akuntansi yaitu menegenai Definisi Akuntansi dan Teori Akuntansi. Seperti yang kita tau bahwa Pengetahuan akuntansi dipandang dari 2 sisi :

  1. Pertama Sebagai pengetahuan profesi (keahlian)Akuntansi sebagai Serangkaian prosedur, metode, dan teknik tanpa memperhatikan teori dibalik praktik tersebut. akuntansi dipandang sebagai pelaksanaan dan penerapanstandar untuk menyusun seperangkat laporan keuangan.
  2. Disiplin pengetahuan yang diajarkan di perguruan tinggi

Sedangkan didalam Kajian, Akuntansi dipandang sebagai 2 bidang kajian :

  1. Bidang praktik : terkait dengan bagaimana praktik dijalankan sesuai PABU
  2. Bidang teori : terkait dengan penjelasan, deskripsi, dan argumen yang dianggap melandasi praktik akuntansi yang semuanya dicakup dalam suatu pengetahuan yangdisebut teori

Sterlin menjelaskan hubungan antara praktik dan pendidikan adalah harmonis tetapi antarapendidikan-praktik dan riset adalah terisolasi.

Definis dan Teori Akuntansi
Definis dan Teori Akuntansi

Pengertian Akuntansi

Akuntansi merupakan alat atau media untuk mencatat dan menghasilkan suatu informasi bagi pemakai laporan akuntansi. Sedangkan dalam seni akuntansi adalah mencatat, mengklasifikasikan dan meringkas atas peristiwaatau kejadian yang dilakukan sedemikian rupa dalam bentuk uang, atau paling tidak sifat keuangan dan menginterprestasikan hasilnya dalam laporan keuangan.

Dalam pendekatan lain, untuk dapat mengidentifikasikan akuntansi sebagai pendekatankomunikasi, seperti yang diungkapkan oleh :

  1. American Accounting Association (AAA, 1960), menyatakan bahwa, Akuntansi adalahproses mengidentifikasi, mengukur, dan mengkomunikasikan informasi untukmembantu pemakai dalam membuat keputusan atau pertimbangan yang benar.
  2. Sementara itu, menurut APB opinion No. 4 tahun 1970, menyatakan bahwa, Akuntansiadalah kegiatan jasa. Fungsinya adalah untuk memberikan informasi kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan, tentang entitas ekonomi yang diharapkan bermanfaatbagi pengambil keputusan ekonom

Namun dalam perkembangan selanjutnya, bahwa akuntansi tersebut tidak hanya berkaitandengan pencatatan dan penyajian laporan keuangan saja, tetapi bagaimana informasi yangdisajikan tersebut, dapat digunakan bagi pemakai dan mempunyai nilai kepercayaan yangtinggi.

Hal ini, hanya dapat tercipta bila dalam informasi tersebut melibatkan akuntan, terutama dalam proses pengauditan atas laporan keuangan yang dihasilkan untukkepentingan para pemakai laporan keuangan. Menurut suwardjono

1. Akuntansi dikatakan seni

Pada awal akuntansi dikatakan sebagi seni karena orang yang akan memperolehpengetahuan dan keterampilan akuntansi harus terjun langsung dalam dunia praktik danmengerjakan magang pada praktisi.

a. Pengertian Seni :

Keterampilan mengerjakan sesuatu atau menerapkan suatu konsep / pengetahuanyang memerlukan perasaan, intuisi, pengalaman, bakat dan pertimbangan (judgment). Keahlian dan pengalaman untuk memilih perlakuan terbaik dalam rangka mencapaisuatu tujuan. Nilai (moral, ekonomik dan sosial( menjadi basis pertimbangan.

b. Akuntansi Dikatakan Seni

Penyebutan ini sebenarnya dimaksutkan untuk menunjukkan bahwa dalampraktiknya akuntansi melibatkan banyak pertimbangan nilai (value judgment) yangmenuntut keahlian dan pengalaman untuk memilih perlakuan yang terbaik

2. Akuntansi dikatakan sains

a. Pengertian Sains :

Sain merupakan ilmu pengetahuan yang berisikan penjelasan mengenai gejala alam atau sosial yang bebas dari pertimbangan nilai karena ilmu sains harus bisa mendeskripsi atau menjelaskan gejala tersebut sepertiapa adanya.

Pengetahuan untuk menjelaskan dan memprediksi meramalkan gejala alamdan sosial seperti apa adanya dengan metode ilmiah. Menguji dan menetapkankebenaran penjelasan atau pernyataan tentang suatu masalah. Bebas nilai, karakteristik :koherensi, korespondensi, keterujian dan keuniversalan.

b. Akuntansi Dikatakan Sains

Akuntansi sebagai bidang pengetahuan yang menjelaskan fenomena akuntansisecara objektif, apa adanya dan bebas nilai. Penjelasan dinyatakan dalam bentukaksioma, proposisi, prinsip umum, atau hipotesis yang tidak langsung berkaitan dengankebijakan.

Pertimbangan dan penyimpulan dituntun oleh kaidah ilmiah (rules ofscience). Bila akuntansi dipandang sebagai sains, akuntansi akan banyak membahas gejalaakuntansi seperti mengapa perusahaan memilih metoda akuntansi tertentu, faktor-faktorapa yang mendorong manajemen memanipulasi laba, dan apakah partisipasi dalampenyusunan anggaran mempengaruhi kinerja manajer divis

3. Akuntansi dikatakan teknologi

a. Pengertian Teknologi

Teknologi adalah seperangkat pengetahuan untuk menghasilkan sesuatu (produk) yangbermanfaat. Teknologi meliputi teknologi lunak. Penggunaan pengetahuan ilmiahdalam suatu masyarakat pada suatu saat untuk memecahkan masalah nyata yangdihadapinya sesuai dengan budaya dan nilai yang dianut. Perekayasaan melekat padaproses pemikiran untuk menentukan cara terbaik.

b. Akuntansi Dikatakan Teknologi

Penggunaan pengetahuan ilmiah dalam suatu wilayah negara untuk menyediakaninformasi keuangan dalam rangka mencapai tujuan sosial dan ekonomik. Perkayasaanpelaporan keuangan dalam suatu masyarakat (negara) dalam rangka pencapaian tujuannegara.

Nah itulah pemahasan mengenai Definisi Akuntansi dan Teori Akuntansi. Jangan Lupa Follow Intagram kami untuk mendapatkan info menarik lainnya. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020