Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Peran Ahli Ekonomi dalam Menentukan Kebijakan Ekonomi

Edukasistan.com - Hello guys! Kali ini kita akan membahas mengenai Peranan Ahli Ekonomi Dalam Kebijakan Ekonomi. Ekonom merupakan sebuah istilah bagi para profesional yang ahli dibidang ilmu ekonomi. Seorang pakar ekonom tidak hanya dapat menerapkan konsep dan teori ekonomi, tetapi mereka juga harus dapat mengembangkan teori ekonomi melalui kegiatan penelitian.

Seorang pakar Ekonom akan melakukan sebuah penelitian untuk menyelesaikan masalah. Hasil dari penelitian tersebut umumnya dapat disebarluaskan diberbagai forum ilmiah. Selain itu juga, ada juga beberapa pelaku ekonom yang sering berbagi pemikiran mereka tentang masalah ekonomi sosial dimedia masa dan mereka juga terkadang mengkritik kebijakan ekonomi.

Secara umum, seorang ekonom memiliki bidang spesialisasi tertentu. Contohnya, Soemitro Djohadikusumo diketahui melalui pemikiran ekonomi politik. Ada juga Pak Mubyarto, seorang ekonom populis yang terkenal dengan konsep ekonomi Pancasila.

dan terakhir Revrisond Baswir, seorang pakar ekonom yang sering mengkritik kapitalisme dan neoliberalisme. Banyak dari mereka awalnya dilahirkan sebagai akademisi. Tetapi banyak juga para pakar ekonom yang bekerja di lembaga penelitian atau lembaga pemerintah.

Peran Ahli Ekonomi dalam Menentukan Kebijakan Ekonomi

Peran ahli ekonomi Dalam kebijakan
Peran ahli ekonomi Dalam menentukan kebijakan

Dengan menjelaskan karakteristik teori ekonomi, telah dijelaskan bahwa salah satu peran teori ekonomi adalah untuk memprediksi situasi yang akan dilakukan di masa depan.

Oleh karena itu, teori ekonomi dapat berkontribusi sangat penting untuk menentukan langkah apa selanjunya yang akan digunakan untuk menangani masalah ekonomi yang akan muncul suatu saat nanti.

Pengetahuan tentang prinsip -prinsip ekonomi tersebut telah memungkinkan para ahli ekonom untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil dan langkah apa yang harus dihindari.

Tindakan yang merumuskan kebijakan ekonomi mencakup dua aspek berikut:

  • Menentukan dari awal tujuan apa yang dicapai dan
  • menentukan bagaimana cara untuk mencapai tujuan ini.

Tujuan utama kebijakan ekonomi nasional adalah untuk mengurangi pengangguran, mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat, menciptakan stabilitas harga dan membuat distribusi pendapatan yang adil.

Tujuan diatas tersebut terkadang bertentangan satu sama lain. Contohnya, Pemerintah berupaya untuk mengatasi pengangguran, tetapi itu bisa saja dapat menyebabkan inflasi, atau contohnya lainnya yaitu Pemerintah indonesia berupaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi hal tersebut bisa saja akan memperburuk sistem pendapatan.

Nah Tugas dari para pakar ekonomi adalah memikirkan cara menggunakan teori ekonomi diatas, seperti dasar untuk menghindari konflik yang mungkin timbul untuk mencapai tujuan tertentu secara bersamaan.

Ketika memikirkan cara untuk mengatasi masalah ekonomi yang ditemukan dan mencoba untuk mewujudkan tujuan ekonomi yang telah di tentukan, Para ahli ekonomi akan mencoba menganalisis, Nah analisis yang yang harus dilakukan tersebut haruslah mencakup masalah -masalah berikut:

  • Apa Tujuan kebijakan yang dilakukan.
  • Lalu Cara apa agar bisa diterapkan untuk mencapai tujuan ini.
  • Jenis pengorbanan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan itu.
  • Konsekuensi buruk apa yang akan didapat jika kebijakan tersebut diterapkan.
  • Buat langkah alternatif lainnya yang lebih baik untuk mencapai tujuan yang dapat dicapai.

Saat menganalisis lima masalah diatas, para pakar ekonom dapat menentukan cara terbaik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Akan tetapi, perlu untuk disadari bahwa, secara umum, para ahli ekonomi memiliki pendapat yang berbeda-beda untuk mengatasi setiap masalah yang dihadapi dan juga tujuan yang akan dicapai akan berbeda pula. hal Ini dapat disebabkan oleh Value Judgement (penilaian nilai) yang berbeda.

Nah itu pembahasan kita mengenai Peranan Ahli Ekonomi dalam Kebijakan, semga bermanfaat dan apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan terimakasih sudah membaca sampai jumpa dipembahasan Materi Ekonomi Mikro lainnya

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020