Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Perbedaan SBMPTN dan SNBT Tahun 2023

Edukasistan.com - Hello guys! pada kali ini kita tidak akan bahas materi ya, seperti yang aku jelaskan di artikel sebelumnya mengenai Perubahan Nama SBMPTN dan SNMPTN di tahun 2023. Sesuai janji aku pada kesempatan kali ini kita akan nmembahas mengenai Perbedaan antara SBMPTN dan SNBT.

Seperti yang kalian tau bahwa terdapat undang-undang baru terkait Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Di sistem yang terbaru ini membawa banyak perubahan pada proses seleksi.

Pada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) memiliki proses yang berbeda dengan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes). Lalu munculah pertanyaan Apa perbedaan SBMPTN dan SNBT? Oke langsung aja kita bahas.

Sebagaimana diberitakan dalam Permendikbudristek No 48 tahun 2022, SNBT merupakan proses seleksi PTN menggunakan standar komputer yang materinya meliputi mengukur kemampuan kognitif, penalaran matematis, serta Literasi bahasa Inggris dan Literasi bahasa Indonesia.

Pusat Tes Masuk PTN 2023 yang dinaungi oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) sudah tidak lagi digunakan. SNBT dan seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kedepan-nya berada di bawah naungan BPPP(Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan).

Perbedaan Mekanisme SBMPTN dan SNBT

Perbedaan SBMPTN dan SNBT
Perbedaan SBMPTN dan SNBT

1. Mekanisme atau sistem SBMPTN

a. Siswa yang ingin mengikuti SBMPTN harus lulus TKA (Tes Kemampuan Akademik), TPS (Tes Potensi Skolistik), dan Tes Bahasa Inggris.

b. Pada SBMPTN, Peserta SBMPTN 2022 dibagi menjadi tiga kelompok, sesuai dengan mata kuliah yang mereka pilih, diantaranya:

  • Saintek (Sains dan Teknologi), dengan Materi yang terdiri dari TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi), tes TPS dalam bahasa Inggris.
  • Soshum(ilmu Sosial dan Kemanusiaan), dengan mata pelajaran yang terdiri dari TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi), tes TPS dalam bahasa Inggris.
  • Gabungan diantara keduannya, mata pelajaran tersebut adalah TKA Soshum, TKA Saintek, ujian TPS dan Bahasa Inggris.

c. Pada SBMPTN 2022 fokus materi terdiir dari hafalan, dan bukan penalaran.

2. Mekanisme atau sistem SNBT

a. Di Mekanisme SNBT, TKA(Tes Kemampuan Akademik) dibatalkan atau dihapuskan. Sehingga peserta tidak hanya fokus pada mata pelajaran saja sesuai dengan tes yang sama (Soshum, Sains dan Teknologi) di penerimaan PTN.

b. Pada mekanisme SNBT fokus pada tes sekolah untuk mengukur kemampuan siswa dalam beberapa hal, diantaranya yaitu:

  • Peserta mampu mengedepankan Potensi kognitif
  • Peserta mampu Penalaran matematika
  • Peserta mampu dan bisa Literasi dalam bahasa Indonesia
  • Peserta mampu dan bisa Literasi dalam bahasa Inggris

c. dan Pada sistem SNBP lebih menekankan pada proses berpikir dari pada proses menghafal.

Jumlah Kouta di SNBT

Jumlah seluruh kouta antara diPTN dan PTN Badan Hukum (PTN-BH) berbeda dengan seleksi nasional pendaftaran PTN baru (SNPMB). Kewenangan SNBT tersebut tertuang dalam Pasal 15 (3) Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2022 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk kampus SNBT dan PTN, kapasitas minimal 40%. Saat ini, kapasitas SNBT di kampus PTN-BH minimal 30%.

Aturan baru di SNBT

Permendikbudistek No 48 Thn 2022 juga menjelaskan aturan baru terkait dengan sistem SNBT. Aturan barunya ialah sebagai berikut:

1. Calon siswa dapat mencoba SNBT dua kali.

Ketentuan dalam pasal 6 ayat 3 menentukan bahwa SNBT dapat diadakan beberapa kali dalam setahun dan setiap siswa yang akan datang dapat menggunakannya untuk maksimal 2 kali ujian.

2. PTN dapat menambahkan persyaratan portofolio untuk program seni dan olahraga

PTN dapat melengkapi portofolio SNBT untuk program akademik yang membutuhkan keterampilan fisik, seperti seni dan olahraga. Namun, dari pihak PTN harus terlebih daulu mengajukan persyaratan lain ke kementerian. Undang-undang ini sudah diatur dalam Pasal 7(2).

Nah itulah mengenai Perbedaan SBMPTN dan SNBT, Menurut aku pribadi sih untuk Tes masuk PTN pada kali ini merupakan Tes yang sangat mudah dan lebih efisien dikarenakan kalian tidak perlu tuh untuk daftar bimbel mahal-mahal dan mengeluar biaya yang lebih. Oke sekian Pembahasan kali ini semoga bermanfaa dan sampai bertemu Postingan selanjutnya

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020