Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Rata-Rata Nilai Rapor SNBP UNSIKA 2024

Edukasistan.com - Hello guys! sama seperti artikel sebelumnnya pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Rata Rata Nilai Rapor SNBP UNSIKA. Siapa nih diantara kalian yang berminat untuk berkuliah di UNSIKA? Jika kalian ingin berkuliah diuniversitas ini, tentunya kalian penasarankan berapa rata-rata nilai raport yang bisa diterima di UNSIKA?

Wajar aja jika kalian penasaran rata-rata minimal nilai rapor dari PTN ini, dikarenakan kampus UNSIKA merupakan salah satu universitas negeri di indonesia yang cukup diminati oleh peserta SNMPTN

UNSIKA atau Universitas Singaperbangsa Karawang merupakan salah satu universitas negeri yang ada di kota Karawang. Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) didirikan pada tanggal 2 Februari 1982 dan UNSIKA mendapat status akreditasi pada tahun 1986 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam Undang-Undang No. 1986. 0503/0/1986.

Pada tahun in UNSIKA telah memperoleh akreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keterangan No. 272/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019. Universitas ini terletak di Jln. SH. Ronggo Waluyo, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa barat.

Sedikit info sebelum menjadi Perguruan Tinggi Negeri, UNSIKA merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lho. Nah baru pada tanggal 6 Oktober 2014, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 123 Tahun 2014, Universitas Singaperbangsa Karawang menjadi universitas negeri dengan visi menjadi “kampus baru yang berdaya saing dan maju yang terinspirasi oleh budaya tanah air” .

Pada tahun 2022 lalu, UNSIKA mendapatkan urutan ke-84 dalam “Affiliations by Overall Sinta Score. Bisa dikatakan Ini merupakan peningkatan terbesar dari tahun 2021 di mana pada saat itu universitas ini berada di peringkat 242.

Oke Kita sudah bahas sedikit tentang Latar belakangnya, sekarang kita kembali ke topik utama yaitu nilai minimal untuk lulus SNMPTN UNSIKA. Seleksi nasional masuk PTN atau disingkat SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi nasional masuk PTN yang wajib kalian ikuti ya atau saat ini dikenal dengan sebutan SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi)

Dalam sistem SNBP, banyak sekali faktor yang dapat menentukan apakah kalian lulus atau tidak, seperti prestasi siswa, akreditas sekolah, nilai rapor, ketetatan program studi yang dipilih, persebaran alumni dan banyak lainnya. Dari semua ini, faktor utama yang menentukan kelulusan kalian ialah rata-rata nilai rapor kalian.

Perlu diketahui, berdasarkan data statistik tahun lalu, telah tercatat kurang-lebih dari 11.000 peminat telah mendaftar di UNSIKA melalui jalur SNMPTN. Jika kalian melihat dari jumlah pendaftar tersebut, dapat dikatakan untuk bisa lolos di SNMPTN UNSIKA tidaklah mudah, dikarenakan kalian harus bersaing dengan pendaftar lain untuk mendapatkan kursi di PTN ini.

Nilai Rapor SNBP UNSIKA
Nilai Rapor SNBP UNSIKA

Akan Tetapi kalian tidak perlu khawatir, saat ini aku akan menocba untuk meprediksi minimal nilai raport untuk bisa lulus disalah satu program studi di UNSIKA. Adapun metode yang aku gunakan ini menggunakan metode perhitungan matematis berdasarkan data peminat, daya tampung, ketetatan disetiap program studi dan Rata-rata Nilai Rapor SNMPTN yang sudah aku prediksikan di tahun lalu.

Kemudian Minimal Nilai raport UNSIKA yang aku hitung menggunakan parameter rata-rata (rata-rata) dan standar deviasi yang telah ditentukan sebelumnya, setelah itu aku akan mengambil nilai maksimum untuk dijadikan Minimal Nilai Rapor UNSIKA Prodi Saintek dan Soshum

Minimal Nilai Rapor SNBP UNSIKA Prodi Saintek

No Program Studi Nilai Rapor
1 Agribisnis 83,69
2 Agroteknologi 84,64
3 Farmasi 86,44
4 Gizi 84,59
5 Ilmu Keolahragaan 75,94
6 Pendidikan Matematika 83,74
7 Sistem Informasi 85,49
8 Teknik Elektro 83,79
9 Teknik Industri 86,39
10 Teknik Informatika 88,34
11 Teknik Kimia 82,84
12 Teknik Lingkungan 82,89
13 Teknik Mesin 84,54

Minimal Nilai Rapor SNBP UNSIKA Prodi Soshum

No Program Studi Nilai Rapor
1 Akuntansi 87,45
2 Hubungan Internasional 83,65
3 Ilmu Hukum 85,53
4 Ilmu Komunikasi 86,49
5 Ilmu Pemerintahan 84,57
6 Manajemen 89,41
7 Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia 83,61
8 Pend. Bahasa Inggris 83,69
9 Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi 78,77
10 Pend. Luar Sekolah 80,73

Sebagai catatan bahwa Nilai raport di atas bukanlah data yang yang diberikan oleh universitas. Melainkan Prediksi yang telah aku hitung sendiri, dikarenakan setiap universitas dilarang keras untuk membagikan hasil nilai rapor kepada pesera. Jadi walaupun rata-rata nilai rapor kalian sudah mencapai target nilai di atas, bukan berarti kalian dijamin lulus SNMPTN ya.

Misalnya, jika kalian mendaftar di program studi "Hubungan Internasional" dengan nilai rata-rata rapor 90, daya tampungnya "52" dan jumlah peminatnya ialah 1.087 agar kalian bisa lolos maka kalian harus bersaing dengan 1087 peserta lainnya. Nanti dari 1.087 peserta akan dikelompokkan ke dalam 52 kelompok lalu dihitung rata-ratanya.

Jadi, misalnya, dari 1.087 peserta memiliki rata-rata 92, maka nilai rapor kamu yang dibawah 92 tidak akan lolos ketahap selanjutnya. Di sisi lain, jika dari 1.087 peserta memiliki rata-rata 88, maka nilai rapor kamu yang 92 kemungkinan akan lulus dan masuk ketahap selanjutnya, misalnya ketahap membandingkan prestasi siswa atau akreditasi sekolah dan persebaran alumnnya dll.

Nah tujuan aku membuat prediksi diatas ialah agar kamu tidak asal dalam memlihi jurusan dan universitas. sehingga itu akan membuat peluang kamu bisa lolos di PTN lebih besar.

Sekian pembahasan kali ini mengenai Minimal Nilai Rapor SNBP UNSIKA Prodi Saintek dan Soshum. Semoga apa yang aku tulis ini dapat bermanfaat, jangan lupa untuk follow instagram kita untuk mendapatkan info menarik lainnya. Apabila ada salah tulis mohon maaf dan terimakasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020