Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Mata Pelajaran Pendukung SNBP 2023

Edukasistan.com - Hello guys! Seperti yang kalian tau bahwa pada tahun ini, SNMPTN akan digantikan oleh SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Tetapi disini kita tidak akan membahas mendalam mengenai SNBP, karena itu sudah pernah kita bahas. Tetapi pada kali ini kita akan membahas mengenai Mata Pelajaran Pendukung SNBP.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri yang berfokus pada prestasi atau nilai yang terdapat dalam rapor siswa. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menetapkan bahwa mata pelajaran pendukung merupakan salah satu komponen dalam SNBP.

Mata pelajaran pendukung terdiri dari lima kategori yaitu rumpun Ilmu formal, alam, sosial, humaniora, dan terapan. Penilaian dalam SNBP 2023 dihitung berdasarkan nilai rapor mata pelajaran pendukung, portofolio, atau prestasi dengan bobot penilaian maksimal 50%.

Adapun Menurut Peraturan Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022. Berikut ini cara penilaian dari SNBP 2023

  • Ada juga persyaratan minimal 50% nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran
  • serta maksimal 50% komponen penggali minat dan bakat yang terdiri dari nilai rapor maksimal dua mata pelajaran pendukung, prestasi, dan/atau portofolio (untuk program studi seni dan olahraga).

Mata Pelajaran Pendukung SNBP

Mata Pelajaran Pendukung SNBP
Mata Pelajaran Pendukung SNBP

Apakah mata pelajaran pendukung SNMPTN 2023 sudah kalian ketahui? SNMPTN 2023 atau SNBP berbeda dari SNMPTN yang sebelumnya, dan salah satu perbedaannya adalah penilaian yang terdiri dari rata-rata nilai rapor semua mata pelajaran dan nilai dari dua mata pelajaran pendukung program studi yang ditentukan oleh Mendikbud.

Jadi, Bila kalian masih belum mengetahui apa saja dua mata pelajaran yang dihitung untuk SNMPTN tahun. Tenang aja ada artikel kali ini akan kita bahas!. Mata pelajaran yang dihitung dalam SNBP 2023 didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 345/M/2022 mengenai Mata Pelajaran Pendukung untuk Program Studi Dalam SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi.

Setiap program studi memiliki mata pelajaran pendukung yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Berikut ini adalah beberapa contoh mata pelajaran pendukung untuk beberapa rumpun ilmu:

  1. Rumpun Ilmu Humaniora: Seni budaya, Sejarah, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa asing yang relevan, Sosiologi, dan Antropologi.
  2. Rumpun Ilmu Sosial: Sosiologi, Sejarah, Antropologi, Ekonomi, Matematika, dan Pendidikan Pancasila/PPKn.
  3. Rumpun Ilmu Alam: Kimia, Matematika, Biologi, Matematika, Geografi, dan Fisika.
  4. Rumpun Ilmu Formal: Matematika tingkat lanjut, Matematika dari kelompok peminatan MIPA, serta Matematika untuk IPS dan Bahasa.
  5. Rumpun Ilmu Terapan: Biologi, Matematika, Fisika, Ekonomi, Seni Budaya, Sosiologi, Antropologi, Pendidikan Pancasila/PPKn, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK), Geografi, dan Kimia.

Untuk melihat mata pelajaran pendukung untuk setiap program studi secara lebih terperinci dalam SNBP 2023, kalian dapat mengunjungi situs jdih.kemdikbud.go.id. Nah Itu tadi merupakan beberapa daftar mata pelajaran yang masuk perhitungan SNBP 2023 sebagai bahan referensi kamu.

Meskipun proses kelulusan SNMPTN tidak pernah diumumkan secara transparan, tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Apa lagi pelaksanaan SNBP 2023 akan dimulai, jadi pastikan kamu tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai seleksi tersebut.

Demikian Pembahasan hari ini mengenai Mata Pelajaran Pendukung SNBP. Semoga apa yang aku tulis diatas dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk Follow instagram kita, untuk mendapatkan info menarik lainya. Apabila ada salah kata mohon maaf dan terimakasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020