Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

Edukasistan.com - Hello guys! Pada Kesempatan kali ini, kita akan membahas Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris. Jurusan Sastra Inggris juga mempelajari sejarah, kultur, dan sosial budaya negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasanya. Pada jurusan ini, Kamu juga akan diajarkan untuk menganalisis dan mengevaluasi teks dalam bahasa Inggris, serta memahami konteks dari teks tersebut.

Inilah yang membedakan jurusan Sastra Inggris dengan hanya belajar Bahasa Inggris. Jurusan ini menyediakan kompetensi yang lebih luas dan beragam dibandingkan hanya belajar bahasa saja.

Jadi, lulusan jurusan Sastra Inggris akan memiliki kemampuan yang komprehensif dalam menganalisis, memahami, dan mengevaluasi karya sastra dalam Bahasa Inggris, serta memahami budaya yang terkait dengan Bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga akan memiliki kemampuan berkomunikasi dan berbahasa Inggris yang baik.

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris
Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

Prospek kerja bagi lulusan sastra Inggris sangat terbuka lebar, tidak hanya sebatas menjadi guru atau pengajar. Dengan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang digunakan di 61 negara, lulusan sastra Inggris memiliki banyak pilihan pekerjaan yang menjanjikan di era digital ini.

Adapung Gelar yang diperoleh oleh lulusan Sastra Bahas Inggris biasanya S.S (Sarjana Sastra) atau sesuai dengan kebijakan masing-masing perguruan tinggi. Adapun Berikut 17 prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan sastra Inggris.

1. Translator

Translator atau penerjemah menjadi prospek kerja yang populer bagi lulusan sastra Inggris. Penerjemah bertugas untuk menerjemahkan tulisan dari bahasa Inggris ke bahasa lain atau sebaliknya. Pekerjaan ini mencakup berbagai jenis tulisan seperti novel, buku, dan lainnya.

2. Interpreter

Sementara itu, pekerjaan Interpreter juga cocok bagi lulusan sastra Inggris yang menyukai bidang penerjemahan. Interpreter memiliki peran penting dalam menerjemahkan bahasa Inggris secara lisan dan secara langsung tanpa harus menuliskannya

Mereka menjadi penerjemah yang membantu komunikasi antara orang yang berbicara bahasa Inggris dengan orang yang tidak menguasai bahasa Inggris. Interpreter itu sendiri sering digunakan dalam pertemuan antar negara dengan latar belakang bahasa yang berbeda atau bahkan pekerjaan ini sering banget dipakai oleh perusahaan besar untuk kelangsung bisnis

3. Blogger

Bagi kalian yang Lulusan sastra Inggris dan memiliki hobi menulis aku merekomendasikan untuk menjadi seorang blogger. Karena dengan begitu kalian bisa mnegerjakan hobi kalian dan bisa menghasilkan uang juga.

Kamu dapat memilih topik blog dalam bahasa Inggris yang akan dibaca oleh orang-orang di seluruh dunia. Selain itu, menurut Forbes, banyak blog/website yang menghasilkan uang dari internet, seperti Huffington Post, TechCrunch, dan Mashable. Namun, menjadi blogger tidaklah mudah dan memerlukan kesabaran dan kerja keras untuk meningkatkan jumlah pengunjung.

4. Freelance Writer

Pekerjaan sebagai freelance writer dapat menjadi pilihan bagi lulusan sastra Inggris yang ingin bekerja tanpa terikat waktu dan lokasi. Bahasa Inggris banyak digunakan di seluruh dunia sehingga tidak heran jika freelance writer menjadi prospek kerja yang menarik.

Freelance writer dapat menulis untuk majalah atau publikasi online melalui situs penyalur freelance seperti UpWork, Freelancer, dan Indeed. Menurut PayScale, seorang freelance writer akan mendapatkan gaji rata-rata $24.70/jam atau sekitar Rp 365 ribu/jam.

5. Dosen/Guru/Pengajar

Menjadi pengajar bahasa Inggris menjadi prospek kerja yang tepat bagi lulusan sastra Inggris yang menyukai bahasa Inggris dan berinteraksi dengan orang lain. Kamu dapat menjadi pengajar di lembaga pendidikan bahasa Inggris, dosen di universitas, atau mengajar di sekolah dasar, menengah, atau atas.

Berbagi ilmu bahasa Inggris pada banyak orang akan memberikan kepuasan tersendiri bagi seorang pengajar. Walaupun saat ini gaji pengajar di Indonesia masih kecil dibandingkan negara maju, akan tetapi pasti di masa depan gaji seorang Pengajar akan meningkat.

6. Ahli Bahasa

Seorang sarjana sastra, terutama bahasa Inggris, memiliki peluang kerja sebagai ahli bahasa. Ahli bahasa bertugas dalam mempelajari dan meneliti bahasa, terutama bahasa asing seperti Inggris. Ahli bahasa berbeda dengan penerjemah, karena ahli bahasa mempelajari aspek-aspek dari bahasa secara menyeluruh.

7. Organisasi dan Lembaga Internasional

Banyak organisasi dan lembaga internasional yang membutuhkan lulusan sastra Inggris dalam pekerjaannya. Contoh dari lembaga internasional tersebut antara lain ASEAN, WHO yang menangani kesehatan, UNESCO yang menangani pendidikan, dan masih banyak lagi.

8. Diplomat

Kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang baik membuat prospek kerja sebagai diplomat menjadi sangat besar bagi lulusan sastra Inggris. Tugas seorang diplomat adalah mewakili negara dalam pertemuan dan melakukan diplomasi. Seorang diplomat harus mampu melakukan negosiasi yang baik agar negara yang diwakilkan dapat memperoleh keuntungan.

9. Tour Guide

Pekerjaan sebagai tour guide atau pemandu wisata saat ini menjadi populer di kalangan lulusan sastra Inggris. Banyak tempat wisata yang mendatangkan tamu asing yang membutuhkan penjelasan dalam bahasa Inggris yang mudah dipahami.

Bukan hanya itu saja, Jika kamu seorang mahasiswa kamu juga dapat bekerja secara paruh waktu sebagai tour guide di tempat wisata. Menjadi seorang Tour Guide hal yang menyenangkan, karena kamu bisa bekerja sambil berlibur

10. Bekerja di Perusahaan Besar

Seperti yang aku bilang diatas, Peluang kerja lulusan sastra Inggris bisa berkarir di perusahaan besar, lho, karena banyak pelaku bisnis yang sangat membutuhkan lulusan sastra inggris, karena didalam perusahaan akan terjadi komunikasi dengan pihak luar untuk menlan kan bisnisnya.

Perusahaan besar sering banget melibatkan pihak lain dalam skala internasional yang membutuhkan komunikasi dalam bahasa Inggris. Oleh sebab itu, bagi kalian yang lulusan sastra inggris peluang ini, cukup luas ya!

11. Public Relation

Lulusan sastra Inggris dapat bekerja sebagai public relation, meskipun ini cenderung menjadi prospek kerja bagi lulusan ilmu komunikasi. Public relation bertanggung jawab dalam mengatur dan mengkoordinasikan segala hal yang berkaitan dengan komunikasi di dalam dan di luar perusahaan. Kemampuan bahasa Inggris dan kemampuan komunikasi adalah nilai tambah dalam pekerjaan ini.

12. Jurnalis

Pekerjaan sebagai jurnalis menjadi pilihan yang baik bagi lulusan sastra Inggris yang menyukai media cetak atau online. Jurnalis bertugas untuk mengumpulkan dan menulis berita di koran atau media online. Kemampuan bahasa Inggris menjadi keunggulan dalam dunia jurnalis di tingkat internasional.

13. Kedutaan Besar

Lulusan sastra inggris memiliki kesempatan untuk bekerja di kedutaan besar Indonesia di negara lain. Ini menarik bukan?

Untuk bekerja di kedutaan besar, kemampuan bahasa inggris adalah syarat mutlak, meskipun kamu juga harus belajar bahasa asing lainnya.

14. Marketing

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, ini adalah pilihan yang tepat. Marketing atau pemasaran sangat penting dalam mempromosikan produk atau jasa kepada orang lain agar dikenal. Kamu harus memiliki strategi yang baik dalam memasarkan produk.

Dengan kemampuan komunikasi bahasa inggris yang baik, lulusan sastra inggris dapat berperan dalam menyampaikan informasi yang baik kepada calon konsumen. Untuk melamar pekerjaan-pekerjaan di atas, kamu pasti membutuhkan CV yang menarik.

Tempat Kuliah Sastra Ingris Terbaik

Jurusan Sastra Inggris sering kali dianggap sebagai program studi yang kurang berguna, namun sebenarnya jurusan ini sangat spesial. Kemampuan berbahasa Inggris saat ini sangat dibutuhkan dalam hampir semua bidang pekerjaan.

Jurusan Sastra Inggris akan mempelajari dan menganalisis karya tulis dalam Bahasa Inggris, seperti naskah, puisi, novel, dan drama. Setelah lulus, sarjana Sastra Inggris akan memperoleh gelar S.S atau Sarjana Sastra.

Adapun beberapa universitas atau perguruan tinggi terbaik yang menyelenggarakan jurusan Sastra Inggris dengan akreditasi A diantaranya adalah Universitas Padjadjaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan masih banyak lagi.

Ada banyak universitas ternama di Indonesia yang menawarkan jurusan Sastra Inggris dengan akreditasi A. Berikut ini adalah daftar 10 universitas dengan jurusan Sastra Inggris terbaik.

  • Universitas Indonesia (UI)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Udayana (UNUD)
  • Universitas Sumatera Utara (USU)
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD)
  • Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta
  • Universitas Brawijaya (UB)
  • Universitas Diponegoro (UNDIP)
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Gaji Lulusan Lulusan Sastra Inggris

Lulusan sastra inggris memiliki gaji yang berbeda-beda tergantung dari lokasi dan posisi kerja yang diambil. Namun, gaji yang tinggi dapat diperoleh melalui pekerjaan freelance di perusahaan asing. Meskipun demikian, masih banyak jenis pekerjaan lain yang cocok untuk lulusan sastra inggris karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional.

Ingat untuk selalu mengevaluasi pilihan pekerjaan dan mencari informasi yang relevan sebelum memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan sastra inggris. Lulusan sastra inggris memiliki gaji yang beragam dan bergantung pada lokasi dan profesi yang dipilih. Namun, gaji guru kursus bahasa asing di Indonesia, dilansir dari dream.co.id, berkisar Rp 2,65 juta per bulan.

Namun, bekerja sebagai pekerja lepas di perusahaan luar negeri dapat memberikan gaji yang sangat besar, hingga lebih dari Rp 1 miliar per tahun. Ini hanyalah beberapa contoh dari berbagai jenis pekerjaan yang cocok untuk lulusan sastra inggris, mengingat bahasa inggris digunakan sebagai bahasa internasional.

Demikian pembahasan kita mengenai Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris. Jika ada saran atau masukan, silakan tambahkan komentar kamu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu. Apabila ada salah kata atau typo mohon maaf dan terima kasih telah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020