Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Tips Belajar Efektif di Rumah

Edukasistan.com - Hello Guys! Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Tips Belajar Efektif di Rumah yang pastinya tips yang aku berikan ini akan membuat belajar kamu menjadi lebih Efektif dan Efisien.

Seperti yang kalian tau, bahwa tugas seorang siswa adalah belajar, Apalagi saat covid seperti ini kita harus tetap belajar dari rumah. Namun belajar di rumah dapat memiliki tantangan seperti gangguan dan godaan yang dapat memecah fokus.

Nah ntuk mendukung kesuksesan belajar kamu, kali ini akan memberikan tips belajar efektif dan efisien di rumah. Jadi, agar tidak mudah tertidur atau mudah teralihkan perhatian, Oke tanpa banyak basa-basi berikut Tips belajar dari aku yang daat kamu terapkan.

1. Tentukan Waktu Belajar yang Tepat

Tips Belajar Efektif di Rumah
Tips Belajar Efektif di Rumah

Cara efektif belajar di rumah yang pertama adalah dengan mengatur jadwal seperti di sekolah. Misalnya dengan membagi waktu belajar dari pukul 08.00 hingga 13.00. Selama 5 jam, bagilah waktu belajar untuk mata pelajaran yang berbeda dan jangan lupakan waktu istirahat. Contohnya:

  • 08.00 - 09.00 : Kimia
  • 09.00 - 09.30 : Istirahat
  • 9:30 - 10:30: Bahasa Inggris
  • 10:30 - 12:00: Biologi
  • dll.

Dengan merencanakan jadwal seperti ini, fokus belajar kamu akan lebih terjaga dan kamu tidak akan ketinggalan materi pelajaran.'Oleh sebab itu, buat lah jadwal belajar kamu dari sekarang.

2. Rapikan Meja Belajar

Setelah menentukan waktu, langkah selanjutnya adalah menata meja belajar. Bagaimana kamu bisa mengharapkan ketekunan dan semangat jika meja belajar kamu berantakan? Jadi, pada saat yang sama, kamu dapat menggunakan kesempatan ini untuk membuang barang-barang yang tidak kamu perlukan lagi.

Jadi pastikan meja belajar yang kamu gunakan bebas dari barang-barang yang tidak penting dan buatlah meja belajar kamu menjadi nyaman agar kamu bisa belaja dengan baik dan berkreasi dengan leluasa.

Sediakan juga tempat sampah bersih di sekitar meja belajar untuk membuang kertas yang nanti tidak kalian gunakan lagi. atau kamu bisa juga membuat Tempat belajar kamu menjadi nyaman dengan meletakkan tanaman hias atau akuarium kecil untuk memberikan suasana yang segar.

3. Cari Tahu Cara Belajar yang Sesuai

Setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang suka belajar sambil mendengarkan lantunan musik, ada juga yang butuh ketenangan, atau ada juga yang suka ngemil sambil belajar. Jadi mencari tahu cara belajar yang cocok untuk kamu dapat membuat kamu tidak mengantuk atau malas.

Namun, pastikan cara belajar yang kamu gunakan dapat membuat kamu terus semangan belajar dan tidak mengganggu kamu. Sedikit tips dari aku! hindari belajar dengan menonton film, Karena jika kamu ingin belajar sambil menonton film, itu tidak akan membuat belajar kamu lebih efektif.

Malah Justru belajar sambil menonton flm akan membuat kamu tidak fokus belajar. Oleh sebab itu! Pastikan cara belajar yang kamu pilih tidak mengganggu kamu dan dapat membuat kamu terus berkembang.

4. Cari Media Belajar yang Tepat

Selain Belajar materi pelajaran dari sekolah, Kamu juga harus membekali diri kamu dengan media belajar lain yang tepat. Misalnya kamu bisa belajar melalui internet contohnya belajar melalui channel youtube, blog, website, atau lainnya.

Karena dengan belajar belalui berbagai media, akan menambah wawasan kamu, yang terpenting cari lah media belajar yang tepat, mudah dan gratis. Agar kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak dan tidak menjadi beban ke orangtua.

Oleh sebab itu aku membuat blog ini untuk semua teman-teman agar bisa belajar Materi Sekolah, SBMPTN, CPNS, PKN STAN secara gratis atau kamu bisa mencari blog lainnya untuk media belajar kalian. Yang terpenting carilah media belajar yang tepat dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak.

5. Belajar Bareng Teman

Tips yang ke-5 yaitu Belajar bareng dengan Teman, di zaman yang serba canggih seperti ini, kamu tidak perlu berkumpul secara fisik untuk belajar bersama teman. kamu dapat menggunakan aplikasi video call seperti zoom atau google meet untuk belajar bersama teman-teman.

Dengan belajar bersama teman-teman melalui video call, kamu akan lebih termotivasi untuk terus belajar dan percaya sama aku, belajar dengan teman-teman tidak akan membuat kamu mejadi bosan. Bahkan sejak covid-19 banyak murid-murid yang belajar dengan teman-temannya. Kamu dapat mengajak beberapa teman dan jangan lupa untuk menetapkan jadwal belajar bersama."

6. Minum Air Putih

Selain menyiapkan tempat, waktu, dan materi pelajaran, kamu juga harus menjaga kondisi fisik kamu agar badan tetap fit saat belajar. Salah satunya ialah kalian harus rutin dengan minum air putih. Minimal 8 gelas sehari untuk memastikan konsentrasi tetap terjaga. Kamu bisa menyiapkan air putih dalam botol minum besar sehingga tidak perlu bolak-balik saat belajar.

7. Olahraga

Tips terakhir yaitu jangan lupa untuk menyempatkan berolahraga seminggu sekali. Kamu bisa juga olahraga ringan seperti stretching sebelum belajar agar melatih otak kamu menjadi lebih efektif. Hal ini pernah aku bahas diartikel The benefits and movements of brain gymnastics mengenai manfaat melatih otak agar lemampuan cara berfikir kamu menjadi lebih baik.

Oleh sebab itu tips terakhir ini tidak boleh dilupakan, kamu dapat olahraga ringan dengan melakukan beberapa gerakan selama waktu istirahat, seperti stretch up untuk meregangkan kaki, tangan, dan leher. Hal ini akan membuat tubuh kamu tetap bugar dan otak tetap on.

Dengan berolahraga, Kamu juga akan tetap semangat selama waktu belajar dan tidak mudah mengantuk. Jadi, jangan lupa untuk berolahraga selama belajar di rumah ya!

Oke guys, itulah beberapa Tips Belajar Efektif di Rumah yang dapat kamu terapkan. Semoga apa yang aku tulis diatas dapat bermanfaat dan bisa memberikan informasi. Apabila terdapat salah tulis atau typo mohon maaf dan Terimakasih sudah membaca. Sampai bertemu diartikel selanjutnya.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020