Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Aturan Pemilihan Prodi SNBP dan SNBT

Edukasistan.com - Hello guys! Kali ini kita akan membahas mengenai Aturan Pemilihan Prodi SNBP dan SNBT. Penerimaan mahasiswa baru tahun 2023 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah berlangsung. Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah membuat akun Seleksi Nasional Penerima Baru (SNPMB) untuk sekolah dan siswa.

Registrasi akun SNPMB 2023 adalah langkah awal untuk mendaftar SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Presitasi) yang dahulu dikenal dengan SNMPTN, dan SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) yang dahulu dikenal dengan SBMPTN.

SNBP 2023 berbeda dengan SNMPTN 2022, karena pada SNMPTN semua mata pelajaran dihitung secara 100%, Sedangkan pada sistem SNBP 2023 sama halnya dengan SNBP yaitu menghitung nilai semua mata pelajaran akan tetapi bobot yang diambil yaitu hanya 50% sedangkan 50%-nya lagi untuk program multi mata kuliah pendukung, prestasi, dan/atau portofolio.

Sedangkan untuk peraturan SNBT 2023 tidak lagi mengukur dengan tes mata pelajaran, tetapi akan berfokus pada tes pendidikan potensi (PTS) dan tes membaca untuk mengukur kemampuan intelektual, penalaran matematis, literasi bahasa Indonesia dan literasi bahasa Inggris.

Jika kamu mendaftar SNBT dan SNBP 2023 tahun ini, aku berharap kalian dapat memilih program studi atau jurusan dengan lebih bijak. SNBP dan SNBT memiliki aturan yang berbeda untuk memilih program studi. Berikut adalah aturan pemilihan program studi di SNBP dan SNBT 2023:

Aturan Pemilihan Program Studi di SNBP 2023

Aturan Pemilihan Prodi SNBP dan SNBT
Aturan Pemilihan Prodi SNBP dan SNBT

1. Boleh lintas jurusa.

Seperti yang kamu tahu, pada Seleksi PTN tahun sebelumnya hanya prodi saintek aja yang boleh lintas jurusan, sedangkan prodi soshum tidak boleh. Akan tetapi untuk Seleksi PTN tahun ini, Setiap mahasiswa jurusan Saintek, Soshum atau Bahasa diperbolehkan untuk lintas jurusan dengan memilih salah satu program studi di PTN.

Akan tetapi aku perlu aku ingatkan, Sebaiknya kalian berhati-hati dapat memilih lintas jurusan. Karena ini seperti pedang bermata 2 bisa sangat menguntungkan dan bisa juga sangat merugikan seperti rentan dengan mahasiswa yang merasa salah memilih jurusan.

2. Memilih 2 prodi

Setiap mahasiswa dapat memilih dua prodi di PTN yang sama atau dua PTN berbeda, asal PTN pertama berada di wilayah yang sama dengan sekolah asal dan jangan lupa! aku tidak bosan untuk mengingatkan kalian lagi untuk Memastikan memilih PTN pertama dengan ketetatan paling tinggi, dan memilih pilihan kedua dengan ketetatan yang rendah.

Agar kalian mendapatkan peluang yang lebih besar pada pilihan kedua. Jika kamu ingin melihat Ketetatan atau Passing garde di setiap jurusan di setiap universitas kamu bisa melihat artikel sebelumnya mengenai Passing Grade SNBP dan Passing Grade SNBT

3. Memilih 1 Prodi

Sedangkan jika kamu hanya memilih 1 prodi saja, kamu dapat memilih PTN yang berada di provinsi manapun.

Aturan Pemilihan Program Studi di SNBT 2023

Dalam SNBT 2023, setiap mahasiswa diperbolehkan untuk memilih dua program studi dalam satu perguruan tinggi atau satu program studi dalam masing-masing dua perguruan tinggi. Calon mahasiswa juga diperbolehkan untuk melakukan lintas jurusan.

Untuk proses kelulusan calon mahasiswa melalui SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT(Seleksi Nasional Berdasarkan Tes), dan seleksi mandiri oleh perguruan tinggi, termasuk kebijakan departemen, adalah tanggung jawab dari Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, calon mahasiswa hanya perlu memahami aturan pemilihan program studi di PTN saja dan memperhatikan minat, kemampuan, dan prospek karir dari program studi yang dipilih. tidak perlu pusing dengan kriteria yang tidak tercantum diatas.

Sekian pembahasan hari ini mengenai Aturan Pemilihan Prodi SNBP dan SNBT. Semoga apa yang aku tulis diatas dapat mememberikan infomasi yang kamu butuhkan. Apabila terdapat salah kata atau Typo mohon maaf dan Terimakasih sudah membaca

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020