Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

6 Tips Belajar Efektif dari Rumah

Edukasistan.com - Halo guys! Gimana nih kabar kalian? Semoga sehat wal'afiat ya. Apa pun kondisinya, tugas kita sebagai siswa ya tetap belajar dong! Tapi apakah kamu merasa ga sih? belajar di luar sekolah, kayak di rumah, kadang suka ada tantangan tersendiri, mulai dari gangguan yang bikin pusing sampai godaan yang nyerocosin fokus kalian.

Nah, biar sukses dalam belajar di rumah, kali ini aku bakal kasih tips belajar efektif dan efisien dari rumah. Yuk, pastiin kalian gak kebobolan tidur atau kepancing godaan lainnya, cus simak tips belajar di rumah yang kece ini!

1. Atur waktu kegiatan belajar

Tips Belajar Efektif dari Rumah
Tips Belajar Efektif dari Rumah

Cara pertama biar belajar di rumah makin mantap adalah dengan atur waktu atau jadwal kayak di sekolah. Gak perlu pas-pasan, santuy aja. Misalnya, atur waktu belajar mulai pukul 08.00 sampai 13.00. Terus, bagi waktu belajar untuk mata pelajaran yang beda-beda dan jangan lupa, waktu istirahat. Contohnya nih:

  • 08.00 - 09.00 : Kimia
  • 09.00 - 09.30 : Istirahat
  • 9:30 - 10:30: Bahasa Inggris
  • 10:30 - 12:00: Biologi
  • dll.

Dengan jadwal yang rapi gini, belajar jadi lebih fokus dan gak bakal ketinggalan materi deh.

2. Siapkan meja belajar yang oke

Udah atur waktu? sekarang waktunya merapihin meja belajar. Gimana mau rajin dan semangat kalo meja belajar kalian amburadul,? Jadi, sekalian nih, manfaatin waktu ini buat buang barang-barang yang udah gak kepake lagi.

Pastiin meja belajar kalian luas dan nyaman biar bisa belajar dan berkarya dengan leluasa. Sediain juga tempat sampah di sekitar meja belajar. Terakhir, biar sedikit fresh, kalian bisa letakkan tanaman hias atau akuarium mini.

3. Cari cara belajar yang paling pas

Nah guys, cara belajar tiap orang tuh beda-beda. Ada yang suka belajar sambil dengerin lagu, ada yang pengen hening total, dan ada yang doyan makan.

Makanya, cari cara belajar yang cocok biar kalian gak ngantuk atau males. Dengan suasana hati yang adem ayem, belajar jadi lebih maksimal lho.

Tapi, pastiin cara belajar ini bisa bikin kalian terus melaju, alias gak ganggu kalian. Kalo pengen belajar sambil nonton film, itu mah gak bakal bikin belajar kalian efektif!

4. Belajar bareng teman

Nah guys, di masa yang gak menentu ini, kalo kalian pengen belajar bareng teman, gak usah khawatir gak bisa ketemu. Kalian bisa manfaatin berbagai aplikasi buat video call.

Dengan video call buat belajar bareng teman, kalian bakal lebih semangat. Ngantuk dan capek pasti gak nongol deh. Langsung ajak teman-teman dan jangan lupa atur jadwalnya ya?

5. Minum air

Selain siapin tempat, waktu, dan materi pembelajaran, penting juga buat jaga kondisi tubuh biar tetap fit selama belajar. Makanya, jangan lupa minum air secara rutin, biar otak tetap jalan terus. Gak cuma buat konsentrasi, minum air putih rutin minimal 8 gelas sehari bisa ningkatin kesehatan kalian. Kalian bisa siapin air dalam botol besar biar gak bolak-balik pas belajar.

6. Olahraga

Cara belajar efektif di rumah yang terakhir dan gak boleh ketinggalan adalah dengan berolahraga. Kalian bisa lakukan olahraga ringan pas istirahat. Cukup regangkan tangan, kaki, dan leher kalian. Tujuannya biar tubuh tetap fit dan otak kalian terus bekerja.

Dengan berolahraga, kalian bisa jaga semangat belajar, alias gak ketiduran. Jadi, ayo semangat!

Itulah cara-cara belajar efektif di rumah yang bisa kalian terapkan dan bener-bener dilakuin di situasi saat ini. Kalo kalian butuh bantuan buat belajar di rumah, kalian bisa manfaatin video tutorial di youtube. Semoga pembahasan kita hari ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020