Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Ingin Belajar Materi PKN STAN, SBMPTN, CPNS, Grammar, dan Ekonomi Mikro secara gratis? Lihat disini dan Mohon Dukung Kami dalam mengembangkan Blog ini disini agar Blog ini dapat berkembang dan bisa membantu kalian dalam belajar

Pengertian dan Ciri-Ciri Toxic Friendship

Edukasistan.com - Hai guys! Apakah kalian punya banyak sahabat? Jika iya, itu tandanya kalian adalah orang yang ramah dan gampang bergaul, nih. Selain itu, kehadiran kalian juga pasti membawa dampak positif buat teman-teman sekitar.

Namun, ada pepatah yang mengatakan: "Banyak teman, banyak pula masalah." Jadi, kita harus pintar-pintar memilih siapa saja yang layak menjadi sahabat kita, agar tidak terjebak dalam lingkaran pertemanan yang beracun atau "toxic friendship".

Toxic friendship itu kayak racun yang perlahan merusak kebahagiaan dan kesehatan mental kita. Pertemanan yang seharusnya memberi dukungan, pengertian, dan saling menghargai satu sama lain, malah jadi sumber tekanan dan perasaan tidak nyaman.

Nah, pertemanan seperti inilah yang harus kita hindari, karena gak ada gunanya buat kita. Lalu, bagaimana sih ciri-ciri toxic friendship atau sahabat yang toxic? Yuk, simak penjelasan dari aku di bawah ini!

Pengertian Toxic Friendship

Pengertian dan Ciri-Ciri Toxic Friendship
Pengertian dan Ciri-Ciri Toxic Friendship

Toxic friendship adalah hubungan pertemanan yang gak sehat, di mana salah satu atau kedua belah pihak merasa terbebani, tidak dihargai, dan seringkali diberi dampak negatif. Sahabat yang toxic bisa bikin kita merasa insecure, takut, dan bahkan tidak nyaman.

Intinya, toxic friendship gak memberikan manfaat buat perkembangan dan kemajuan kita, baik secara individu maupun sosial. Dalam toxic friendship, kita bisa merasakan ketidakseimbangan dalam pemberian dan penerimaan, di mana salah satu pihak merasa selalu memberi tanpa pernah mendapat balasan yang setimpal.

Hubungan ini bisa menimbulkan rasa sakit, kecewa, dan kesedihan yang mendalam. Makanya, penting banget buat mengidentifikasi ciri-ciri toxic friendship dan menjauhinya demi kebahagiaan dan keselamatan kita sendiri.

Ciri-Ciri Toxic Friendship

1. Teman yang Selalu Jadi Pusat Perhatian

Nggak asyik kan punya teman yang selalu mau jadi pusat perhatian? Mereka cuma mau didengerin doang, tapi nggak mau dengerin. Padahal, teman yang baik itu harus saling mendengar dan support, dong! benar ga nih?

2. Teman yang Cuma Manfaatin Kita

Ada nggak nih teman yang setelah minta tolong, tiba-tiba ilang kayak angin? Coba kalian hitung, ada berapa teman kayak gitu? Kalau lebih dari 2, mending cari lingkaran persahabatan baru, deh! karena itu bisa jadi lingkaran perteman yang toxic

3. Teman yang Suka Bikin Drama

Pusing nggak sih, kalau punya teman yang suka bikin drama? Cobalah untuk cari teman yang nggak ribet, guys! Karena temen yang banyak drama, itu sukanya nyari masalah!

4. Teman yang Selalu Negatif

Hidup kita udah cukup penuh tantangan, nggak usah ditambah sama teman yang selalu negatif. Jangan sampai kita kebawa arus negatifnya, ya!

5. Teman yang Cuma Bicara Tentang Diri Sendiri

Teman yang baik itu harus bisa dengerin cerita kita juga, nggak cuma cerita tentang diri sendiri. Kalo ketemu teman yang selalu bicara tentang dirinya, waspadalah!

6. Teman yang Suka Gosip

Gosip itu nggak baik, guys. Teman yang suka ngomongin orang lain itu bisa bikin kita ikut-ikutan negatif. Mending jauh-jauh, deh!

Kesimpulan

Jadi, Quipperian, penting banget nih buat kita jeli dalam memilih sahabat. Pertemanan itu harus saling menguntungkan dan memberikan energi positif. Kalau kita sudah tahu ciri-ciri toxic friendship, kita bisa lebih hati-hati dalam menjalin hubungan dengan orang lain. Ingat, kita punya hak buat memilih sahabat yang baik buat diri kita.

Jangan sampai terperangkap dalam lingkaran pertemanan yang toxic, ya! Nah, itu dia Ciri-Ciri Toxic Friendshipn. Kalian punya teman yang kayak gimana nih? Atau mungkin, eh, kalian sendiri yang jadi teman racun? Aduh, jangan sampai deh, guys!

Selain Toxic Friendship ada juga loh yang namanya Toxic Relationship dan Toxic Positivity, untuk lebih jelasnya kita akan membahas di kesempatan selanjutnnya.

Nah itulah pembahasan kita mengenai Pengertian dan Ciri-Ciri Toxic Friendship yang bisa aku bahas. Apa bila ada salah kata mohon maaf,s emoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

Teacher Live
Teacher Live Tempat Belajar Gratis dan Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Berdiri Sejak Tahun 2020