Q and A Seputar PKN STAN

Edukasistan.com - Hallo guys di artikel kali ini aku bikin Q and A Seputar PKN STAN yang telah aku sebar di 2 grup PKN STAN mungkin nanti ada beberapa yang tidak bisa aku jawab, karena terlalu banyak atau pertanyaan nya sudah ditanyakan oleh orang lain. 



khusus yang memakai laptop cara buat melihat pertanyaan kalian cukup tekan ctrl+f secara bersamaan lalu ketik nama kalian yang sama dengan nama facebook kalian nanti disana akan langsung menuju ke pertanyaan yang kalian tanyakan.

Buat yang memakai Hp mau ga mau kalian harus mencari nama kalian dengan manual agar bisa melihat jawaban yang kakak kasih. tetapi bukankah lebih baik membaca semua pertanyaan agar bisa menambah informasi kalian. tanpa banyak basa-basi yuk langsung aja baca artikel dibawah ini.

Lihat Juga : Bimbel Online PKN STAN Gratis
Q and A Seputar PKN STAN
1. Kapan Pendaftaran PKN STAN 2020 di buka ? {Marissa Juma, Hajar Pannu}
Jawab : Pendaftaran STAN tidak ada yang tau kapan dibuka, tetapi berdasarkan analisis yang aku lihat pada tahun-tahun sebelumnya, aku memprediksi kemungkinan pendaftaran STAN dibuka pada bulan april { kemungkinan juga bisa salah ya, ini hanya analisis semata}

2. Apa Saja yang harus dipersiapkan sebelum ujian STAN ? {Dita Rahayu, Tantri W}
Jawab : yang pertama pasti mental, kedua sudah mempelajari materi TPA,TBI, dll untuk berkas-berkas ujian yang perlu disiapkan adalah :

  • KTP/Kartu Keluarga/Surat Keterangan
  • Foto
  • Ijazah/Rapot Semester 1 s/d 5
  • Dokumen tambahan untuk jalur affirmasi berupa KTP Ortu, Ijazah SD dan SMP, Akte kelahiran, KK/Surat Hubungan Kekeluargaan
3. Apakah Mata min 3 atau min 4 bisa Masuk STAN ? {Dita Rahayu, Tetty Melani Sembiring}
Jawab : Bisa, asalkan jangan masuk jurusan bea cukai ya, karena bea cukai maksimal minus 2.

4. Berapakah minimal rata-rata ijazah ? {Yuli}
Jawab : Untuk lulusan tahun 2019 atau sebelumnya, harus memiliki rata-rata tidak kurang dari 70,00 dengan Skal 100,00

5. Berapakah kouta peserta untuk SPMB PKN STAN 2020 ? {Merry Yanti Tampubolon, Nicholss}
Jawab : Untuk kouta tidak ada yang tau berapa, karena itu menuggu langsung pengumuman pendaftaran STAN dibuka

6. Untuk tahun 2020, apakah masih ada D1 ? {RY}
Jawab :  Aku pernah denger dari grup-grup kalau D1 tidak diadakan tetapi karena belum ada pengumuman maka bisa dibilang itu asumsi belaka {HOAX} selama belum ada pengumuman jangan pernah percaya apapun itu ya.

7. Apakah Nilai UN berpengaruh ? {Fakhrul Rifta}
Jawab : Tidak berpengaruh, yang dibutuhkan adalah nilai ijazah, sedangkan nilai ijazah tidak ada nilai UN, seperti Contoh dibawah ini
8. Berapakah Batas Umur Pendaftaran PKN STAN ? {Claura Audi Flarenza}
Jawab : Usia maksimal adalah 20 tahun terhitung dari 1 September, atau lebih jelasnya yang umur 20 tahun pada tanggal 1 September 2020 sudah tidak boleh mendaftar, lalu bagaimana kalau 25 agustus ? tetep tidak boleh. Kecuali kalau lewat 1 september, Contoh 25 oktober 2020 itu boleh mendaftar karena pada tanggal tersebut peserta belum mempunyai usia 20 tahun.

9. Apakah yang belum belajar sampai hari ini bisa mengejar ? {Muhatmmad Riski Syahputra}
Jawab : Bisa banget, Sekarang kita hitung waktu yang bisa kamu gunakan. Misal Pendaftaran kira-kira dibuka bulan april {Prediksi saya} dan ujian kira-kira bulan juli {Perkiraan saya juga} berarti kamu masih punya waktu dari bulan Februari-Juli yaitu {土 6 bulan} kalau kamu tidak malas-malasan dan tidak mengulur waktu pasti bisa masuk STAN.

Lihat Juga : Sejarah Berdirinya PKN STAN

10. Apakah nilai rapot harus rata-rata 70,00 ? {Akira Yukishiro}
Jawab : Untuk calon lulusan 2020 harus memiliki nilai rata-rata rapot untuk komponen pengetahuan pada 5 semester tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00

11. Bagaimana cara membagi waktu untuk mempelajari TPA, TBI, dll ? {Tasya Hutauruk}
Jawab : Jujur waktu aku pingin masuk stan, aku nyempetin waktu untuk belajar pada pagi hari sekitar pukul 02.00 - 04.30 setiap hari kecuali hari minggu dan jam 15.00 - 16.30 sehabis pulang sekolah. Kenapa tidak malam hari aja belajarnya ? ya karena malam hari khusus untuk pelajaran sekolah dan pada pagi hari itu aku khusus untuk materi, dan sore hari untuk Latihan Soal.

Biasanya aku punya jadwal sendiri yang aku buat, mungkin bisa kalian ikuti. Pada Hari Senin-Selasa itu khusus Materi TPA, Rabu - Kamis khusus Materi TBI, Jum'at khusus SKD, dan pada hari Sabtu itu waktu aku untuk TryOut sebagai evaluasi agar aku tau kemampuan aku sudah sampai mana gitu. Untuk hari Minggu aku gunain untuk refresing entah itu jalan-jalan atau nyiptain cara cepat pengerjaan soal. Makanya setiap materi yang aku tulis diblog pasti ada cara cepatnya itu aku buat sendiri.ya walaupun kadang memang sulit dimengerti sih hahahaha

12. Berapakah Harga Kost Paling murah di dekat STAN Bintaro dan Biaya Makan disana ? {Zacky Ahmed, Adinda Ellysa Agustin}

Jawab : Menurut aku tergantung penerimaan siswa banyak apa tidaknya misal waktu tahun 2018 penerimaan peserta sekitar 7.301 dan biaya kost naik drastis {ini pengalaman sendiri} paling murah 9-12juta/tahun, Sedangkan pada tahun 2019 penerimaan peserta sedikir sekitar 3.000 dan harga kost menjadi turun dan paling murah sekitar 7-10juta/tahun. dan untuk makan disana murah kok 10rb juga udah dapat nasi warteg.

13. Untuk Jurusan non Bea Cukai apakah ada tes kebugaran ? {Anisyah Febrianti, Divaa Amahoru}
Jawab : Berdasarkan tahun 2019 ada tes kebugaran dan kesehatan yang meliputi :
=> Tes Kesehatan yaitu Pemeriksaan yang mencangkup tinggi dan berat badan, Tekanan Darah, Mata dan pemeriksaan lainnya.
=> Tes Kebugaran yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run

14. Jurusan yang ada di PKN STAN dan apa saja yang dipelajari ? {Santika Almifta Hoyanna, Ani Emon}
Jawab : 

  1. Jurusan Akuntasi, Akuntasi Memiliki 2 program Studi yaitu D-IV Akuntansi dan D-III Akuntansi. Secara umum tidak ada yang berbeda dengan universitas lain cuman kalau di PKN STAN ada tambahan matkul seperti Keuangan Publik, Hukum Keuangan Negara, Akuntansi Pemerintahan dan lain-lain.
  2. Jurusan Pajak, Pajak Memiliki 3 Program Studi yaitu D-III Pajak, D-III Pajak Bumi dan Bangunan serta D-I Pajak. di jurusan ini akan mempelajari materi Seperti Pajak Pertambahan Nilai {PPN}, Pajak Penghasilan {PPh}, Pajak Penjualan Barang Mewah {PPnBM} dan lain sebagainya
  3. Jurusan Kepabeanan dan Cukai Memiliki 2 Program Studi yaitu D-III Kepabeanan dan Cukai serta D-I Kepabeanan dan Cukai Diperkuliahan ini sistemnya kaya militer, karena nanti bisa saja kamu ditempatkan di pelabuhan atau daerah perbatasan.
  4. Jurusan Manajemen Keuangan, Manajemen Keuangan memiliki 3 program studi yaitu D-I Kebendaharaan Negara, D-III Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset disini kamu akan mempelajari tentang Sistem Peerencanaan Anggaran, Penyusunan APBN serta bagaimana Kementerian-kementerian lembaga mengajukan anggaran.
15. Apakah Biaya Tes 300 sudah mencangkup semuanya atau pas Tes Kesehatan Bayar lagi ? {Mustakim, Sri Rejeki}
Jawab : iya sudah mencangkup semuanya dan tidak ada biaya tambahan lagi

16. Apakah Tes kesehatan gigi dan mulut berpengaruh besar dalam penilaian ? {Maya QA II}
Jawab : Tidah berpengaruh besar, banyak kok anak STAN yang giginya bolong termasuk aku, tapi alangkah baiknya di jika giginya bolong ditambal saja lagi pula itukan buat kesehatan diri sendiri

17. Untuk bea cukai.dan Tes kesehatan meliputi apa saja kak? Selain mata dan gigi. {Yudistira Fanani, Arif Firmansyah}
Jawab : Berdasarkan tahun 2019 ada tes kebugaran dan kesehatan yang meliputi :
=> Tes Kesehatan yaitu Pemeriksaan yang mencangkup tinggi dan berat badan, Tekanan Darah, Mata dan pemeriksaan lainnya.
=> Tes Kebugaran yaitu lari mengelilingi lintasan dan shuttle run
=> Khusus untuk spesialis Kepabeanan dan Cukai ujian kebugaran ditambah dengan pull up, push up, sit up, dan aktivitas lainnya.

18. Kemungkinan pengumuman final D1 di barengin sama pengumuman kuota penerimaan nggak kak? {Opi Noviani}
Jawab : Untuk Kouta penerimaan selalu di umumin diawal yang berbarengan dengan Pembukaan Pendaftaran PKN STAN, sedangkan Pengumuman penerimaan D1 selalu berada diakhir setelah semua tes dilakukan.

19. Untuk Tempat Tesnya. Berada di Lokasi/Daerah Mana y Kak?...Dan Buat Pendaftaran...Melalui Mana Kak? {Michael Behind}
Jawab : Untuk Tempat Tes tergantung pada saat kamu daftar ya misal kamu mendaftarkan untuk dijakarta maka tesnya akan berada di daerah sekitar jakarta, dan untuk Pendaftaran, Pertama kamu registrasi melalui portal http://sscasn.bkn.go.id setelah sudah registrasi kamu baru menuju portal http://spmb.pkn.ac.id untuk mengisi spesialisasi dan mengisi data tambahan setelah itu kunci data dan pastikan tidak ada yang salah dan nanti kamu akan mendapatkan billing berupa Mandiri Virtual Account {MVA} sebagai kode pembayaran. Setelah selesai pembayaran kamu balik lagi ke portal http://sscasn.bkn.go.id untuk mencetak kartu ujian.

20. Kak kira2 biar lolos ambang batas TPA harus bener berapa soal ? {Amanda Khumairoh}
Jawab : Karena Nilai ambang batas 67 dan jika benar mendapatkan +4, dan sala mendapatkan -1. Maka Kamu harus benar 17 dengan catatan tidak ada yang boleh salah. Tetapi alangkah lebih baik bukan hanya lolos Ambang Batas tetapi bisa mendapatkan skor dengan tinggi, karena yang lolos dari nilai ambang batas itu banya banget.

21. Apakah Kalo udah ketrima PMDK di ptn apa bisa daftar stan? {Anna}
Jawab : Bisa banget karena PTN berbeda dengan kedinasan, terkecuali kamu ingin mendaftar di STIS dan STAN itu tidak boleh dan hanya boleh memilih salah satu.

22. Misal ujian tes tulis lolos nih, nah pas kebugaran kaya ga kuat gitu... itu gimana? Bakal ada peluang ga keterima? Atau yg lolos tes tulis udh pasti keterima ?? {Echa Anastasyha}
Jawab : Misal Kamu lolos di tes tulis itu belum pasti diterima ya, karena masih ada Psikotest dan tes kesehatan & kebugaran yang harus memenuhi standar nya. Lalu gimana pada saat tes kebugaran tidak kuat? mau ga mau kamu harus bertahan misal { ini kejadian beneran } kamu gakuat pada saat lari usahakan jangan berhenti tetapi kamu jalan biasa aja ini sangat berpengaruh pada penilaian. Banyak kok pada ga kuat saat lari ngelilingi lintasan karena benar" jauh lintasan waktu itu { setiap daerah berbeda lintasannya ya } tetapi targetkan mau lari berapa putaran.

23. Apakah anak SMK dan anak SMA jurusan IPA bisa masuk PKN STAN ? {Fitria Handayani}
Jawab : Bisa banget, karena PKN STAN tidak memandang kamu dari mana mau itu SMA jurusan IPA atau SMK yang terpenting sederajat atau setara dengan SLTA.

24. Apa Boleh kuliah di PKN STAN tetapi sambil bekerja ? {Firda yuliani}
Jawab : Boleh banget asal bisa membagi waktunya, ada kok beberapa anak stan kuliah sambil bekerja tapi pada umumnya anak stan dia kuliah sambil jualan buku secara online.

25. Bimbel online yang bagus apa ya buat persiapan STAN? Msh kls 11 nih buat persiapan {Auralias}

Jawab : Kalo menanyakan Bimbel banyak kok bimbel diluar sana bagus-bagus, tapi kalo masalah rekomendasi aku lebih ke bimbelku sendiri yaitu edukasistan.com karena disini aku sendiri yang mengelola dan ini dari Pengalaman pribadiyang aku pelajari saat sebelum ujian PKN STAN serta kalo ada yang tidak mengerti bisa langsung menanyakan ke aku secara Pribadi dan juga dibimbel yang aku kelola ini sama sekali ga berbayar dan aku buat secara Gratis buat kalian

Itulah Q and A Seputar PKN STAN yang bisa kakak jawab, Jika ada Pertanyaan yang belum terjawab bisa comment dibawah ya nanti akan aku bales kok. Jika ini bermanfaat tolong bantu share ya dan Terima kasih sudah membaca sampai habis serta Jika ada salah tulisan mohon maaf sampai bertemu diartikel selanjutnya.

0 Response to "Q and A Seputar PKN STAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel