5 Tips memilih Jurusan yang Cocok untuk Kamu

Edukasistan.com - Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibatkan fatal mulai dari kesadaran yang terlambat bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan kepribadian sampai pada drop out/DO atau dikeluarkannya seorang mahasiswa atau mahasiswi karena dinyatakan tidak mampu mengikuti pendidikan yang diikutinya.

Baca Juga : Jurusan Soshum yang sulit ditembus di UTBK-SBMPTN

Oleh sebab itu, Memilihan jurusan sedini mungkin harus mulai dipertimbangkan. Salah pilih jurusan, Merupakan kerugian yang besar bagi kamu dimasa depan. Di artikel kali ini kita akan Membahas 5 Tips Memilih jurusan yang cocok untuk kamu, berikut Tipsnya : 

Cara memilih jurusan kuliah yang cocok untuk kamu
Tips Memilih jurusan Kuliah 1.0

Menyesuaikan Cita-Cita,Minat dan Bakat

Jika kamu telah memiliki cita-cita tertentu, lihatlah jurusan apa yang dapat membawa kamu menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan. Jangan memilih jurusan akuntansi jika kamu ingin menjadi programmer dan jangan memilih satra jawa jika kamu ingin menjadi polisi.


Sesuaikan juga dengan jurusan yang ingin kamu ambil dengan minat dan bakat kamu. Misalnhya jika kamu tidak menyukai hitung-hitungan jangan mengambil matematika. Setelah itu lihatlah bakat yang kamu miliki saat ini, Mengembangkan bakat yang sudah ada disertai dengan rasa suka dan cita-cita pada suatu jurusan maka akan menjadi pilihan yang tepat. Sesuaikan pula dengan Universitas/PTN yang akan kamu pilih. Di indonesia terdapat banyak sekali universitas yang masuk dalam universitas terbaik. Ketika kamu sudah yakin masuk ke universitas tersebut, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mendaftarkan diri di SNMPTN/SBMPTN ataupun melalui Bidikmisi.

Informasi yang Sempurna

Carilah sumber informasi sebanyak mungkin sebagai pertimbangan kamu dalam memilih jurusan. Misalnya mencari sumber informasi dari guru, saudara, teman,bimbel,tetangga, konsultan pendidikan, kaka kelas, atau lain sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang mengetahui informasi ataupun ikut-ikutan teman.


Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-rang didalamnya tentang apa yang ingin kita ketahui. Cari situs forum atau chatting melalui instant messenger dengan orang yang dapat dipercaya, semua informasi yang didapat lalu kamu rangkum dan jadikan itu sebagai bahan untuk membantu kamu dalam memilih jurusan.

Lokasi dan Biaya

Memilih jurusan di PTN saat SBMPTN ataupun SNMPTN mempunyai banyak pertimbangan, salah satunya lokasi dan biaya. Bagi orang yang memiliki ekonomi keatas, mungkin memilih jurusan tidak akan menjadi masalah. Biaya yang nantinya ditanggung dapat diselesaikan dengan mudah baik dari pengeluaran studi, biaya hidup, lokasi tempat tinggal, dan lain sebagainya.


Bagi Masyarakat golongan menengah kebawah, lokasi dan biaya merupakan masalah yang sangat diperhitungkan. Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi diluar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikannya tidak terlalu mahal. Jika dana yang ada nanti belum mencukupi maka carila beasiswa, keringanan, pekerja paruh waktu, atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana kamu. Jangan jadikan uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan kamu.

Daya Tampung Jurusan atau Peluang Diterima

Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN yang kamu mau. Umumnya mereka memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang. Jangan membebani diri kamu dengan target untuk berkuliah ditempat tertentu dengan jurusan tertentu. Kamu bisa saja Stres jika pilihan kamu tidak terpenuhi. Buatlah banyak List tempat kuliah beserta jurusan yang kamu mau dan ukur kemampuan kamu untuk melihat sejauh mana peluang kamu dalam menempati suatu jurusan ditempat yang kamu tuju.


Adakalanya seleksi masal yang murni seperti SNMPTN, SBMPTN atau lain sebagainya dapat menjegal masa depan kamu jika tidak dipersiapkan dan diperhitungkan matang-matang. Pelajari soal-soal seleksi dan ikuti ujian try out sebagai percobaan kamu dalam mengukur kemampuan yang kamu miliki.

Lihat Juga : Tips agar lulus PTN Menggunakan Jalur SNMPTN

Namun, jangan terlalu minder dengan hasil yang didapat. Tetap semangat dan tetap berusaha yakin lah bahwa kamu bisa meraih apa yang kamu inginkan.

Masa depan, Karir dan pekerjaan


Lihatlah kedepan setelah kamu lulus nanti. Apakah jurusan yang kamu ambil nanti dapat mengantarkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan atau karir yang baik? Banyak jurusan-jurusan yang saat ini lulusannya menganggur dan tidak dapat pekerjaan. Tidak hanya dari jurusan tertentu saja yang dapat bekerja pada suatu profesi karena saat ini rekrutmen perusahaan dalam mencari tenaga kerja tidak melihat seseorang dari latar belakang pendidikan saja, Namun juga dari pengalamannya.

Biarkan hati dan akal sehat kamu yang bicara tanpa campur tangan dari orang lain, konsultasikan dengan orangtua atau orang lain yang dapat kamu percayai, ingat pemilihan jurusan kuliah sangat menentukan masa depan kamu!.

Jadi Itulah beberapa tips dari aku agar kamu tidak salah dalam memlih Jurusan Kuliah. Jangan Lupa Follow intagram kita disini dan Terimakasih sudah membaca semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "5 Tips memilih Jurusan yang Cocok untuk Kamu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel