Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Edukasistan.com - Hello guys! pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu Materi TWK yang cukup penting yaitu Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang nantinya kita akan membahas Pengertian Proklamasi, Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sampai dengan Makna Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia. Tanpa banyak kata-kata yuk baca penjelasan dibawah ini!

Pemberitaan mengenai kemerdekaan disetiap negara merupakan suatu impian bagi tiap-tiap negara khususnya untuk negara yang sudah lema merasakan penjajahan, contohnya saja Indonesia. Pada saat negara Indonesia mengumunkan kemerdekaannya tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, semua warga dan rakyat Indonesia begitu amat senang, sebab mereka ini telah begitu lama merasakan apa itu penjajahan yang dilakukan oleh beberapa negara yakni Belanda dan Jepang.


Bukan hanya merasakan senang dan gembira saja, namun seluruh rakyat Indonesia juga memperoleh gairah kemerdekaan yang begitu besar dengan dilandasi sebuah rasa keberanian buat mengambil sebuah keputusan serta berani untuk membela kebenaran.

Artinya Dengan memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia kepada dunia maka membuat negara Indonesia menjadi sebuah negara yang baru yang mempunyai peran serupa dengan negara-negara lainnya, yang sudah lebih dulu Proklamasi Kemerdekaan. Tentu saja bagi mereka yang belum merdeka maka pemberitaan mengenai Proklamasi Kemerdekaan merupakan salah satu impian yang sangat amat didamba- dambakan.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

dan seperti yang kita tau bahwa tiap negara memiliki asal usul atau sejarahnya tersendiri buat melaksanakan Proklamasi Kemerdekaan. Sama halnya seperti negara Indonesia yang di mana asal usul Proklamasi Kemerdekaannya menginginkan sebagian hal, semacam memakai rumah Laksamana Muda Maeda, pemilihan dokumen Proklamasi, serta lain- lain.

Tetapi, sebelum kita mangulas lebih jauh mengenai sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, alangkah lebih baiknya kita mengenal dahulu apa sih pengertian dari “proklamasi kemerdekaan”. Karena dengan mengetahui pengertian “proklamasi kemerdekaan” maka kita dapat merasakan apa itu rasanya kemerdekaan pada setiap negara. Berikut pengertian“ Proklamasi Kemerdekaan”.

Pengertian Proklamasi Kemerdekaan

Proklamasi berasal dari kata yunani yaitu “proclamatio”, yang memiliki arti "pengumuman" pada semua orang. Maksudnya ialah Pengumunan yang diartikan sebagai pemberitahuan yang berkaitan dengan ketatanegaraan. Jadi Intinya Proklamasi Kemerdekaan yaitu menggambarkan pemberitahuan kepada semua orang tentang adanya hari kemerdekaan. Pengumuman kemerdekaan tersebut sebenarnya tidak cuma tertuju pada orang dari negara tersebut tetapi juga tertuju pada seluruh orang yang terdapat di seluruh dunia.

Bangsa atau negara manapun tentu saja membutuhkan kemerdekaan, sebab kemerdekaan ialah impian bagi setiap negara karena dengan adanya kemerdekaan tentu membuat negara bebas dari masa penjajahan. Demikian itu juga yang dirasakan oleh Bangsa Indonesia yang sempat menghadapi era kolonialisme yang lumayan lama dan semua rakyatnya menjadi menderita.

Baca Juga : Materi PKN STAN

Karna alasan seperti itulah mengapa bangsa Indonesia bertekat dengan sekuat tenaga dan berupaya buat memproklamasikan kemerdekaannya agar bisa terbebas dari penjajahan. Yang mana seluruh perjuangan tersebut bisa kita wujudkan secara resmi pada tanggal 17 Agustus 1945 dimana pada hari itu indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Dengan memproklamasikan kemerdekaan, menjadi titik puncak peperangan bangsa Indonesia dalam melawan serta mengusir penjajah. Serta ini pula menjadi titik awal dimulainya kehidupan indoneisa sebagai negara yang merdeka. Proklamasi kemerdekaan juga bermakana sebagai kabar kebahagiaan untuk bangsa Indonesia.

Latar Belakang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Seperti yang kita tau pada tanggal 6 Agustus 1945, bom atom telah dijatuhkan diatas kota Hiroshima Jepang oleh Amerika Serikat yang pada saat itu mulai mengurangi rasa semangat pejuang dari angkatan tentara Jepang. Satu hari setelah itu, Badan Penyidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) nama jepanganya Dokuritsu Junbi Cosakai dibubarkan dan degantikan dengan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) nama jepanganya Dokuritsu Junbi Inkai.

Hal itu bertujuan agar jepang dapat meyakinkan bangsa indonesia untuk mencapapai kemerdekaan indonesia. Tiga hari setelah dijatuhkannnya bom pertama atau Pada tanggal 9 Agustus 1945, dijatuhkan lagi bom atom kedua diatas kota Nagasaki yang menimbulkan Jepang harus menyerah kepada Amerika Serikat serta sekutunya. Momen inilah yang digunakan oleh bangsa Indonesia buat memproklamasikan kemerdekaannya secepat mungkin.

Ir Soekarno dan Mohammad Hatta sebagai pimpinan dari PPKI bersama dengan Radjiman Wedyodiningrat  mantan ketua BPUPKI diperintahkan untuk terbangkan ke Dalat, Vietnam untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi. Mereka diberitahukan, bahwa tentara Jepang lagi diambang kehancuran dan berjanji akan memberi kemerdekaan pada Indonesia. Tetapi Kemudian pada tanggal 10 Agustus 1945, Sutan Syahrir sudah mendengar informasi melalui radio kalau Jepang udah menyerah pada sekutu.

Mereka para pejuang bersiap agar sesegeramungkin untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, dan menolak kemerdekaan yang diberikan oleh jepang sebagai hadiah. Pada tanggal 12 Agustus 1945, tepatnya di Dalat, Vietnam Marsekal Terauchi berkata pada ir Soekarno, Mohammad Hatta, serta Radjiman Wedyodiningrat. Kalau, Tentara Jepang hendak segera memberikan kemerdekaan pada Indonesia serta proklamasi kemerdekaan dapat dilaksanakan dalam beberapa hari.

2 hari setelah itu, dikala Soekarno, Hatta, serta Radjiman kembali ke tanah air dari Dalat, Vietnam Sutan syahrirr menekan dan memaksa Soekarno supaya lekas memproklamasikan kemerdekaaan sebab Sutan syahrir berpendapat hasil pertemuan di Dalat merupakan tipu daya muslihat yang dilakukan oleh tentara Jepang.

Dikarenakan Tentara Jepang sudah berserah pada sekutu serta untuk menghindari perpecahan antara yang membela serta anti Jepang. ir Soekarno menegaskan ke Mohammad Hatta, bahwa Sutan syahrir tidak berkuasa dan tidak berhak memproklamasikan kemerdekaan indonesia sebab itu merupakan hak dari PPKI. dan Sebaliknya, Sutan Syahrir berpendapat kalau PPKI merupakan salah satu badan bikinan Jepang serta proklamasi kemerdekaan yang direncanakan hanyalah hadiah dari Jepang.

dan Pada tanggal 14 Agustus 1945 ini lah, Jepang menyerah secara resmi terhadap amerika di kapal USS Missouri. Tetapi pada saat itu pasukan serta Angkatan Laut Jepang masih berkuasa di Indonesia, dikarekan tentara Jepang berkomitmen untuk mengembalikan kewenangan di Indonesia ke tangan sekutu.

Baca Juga : Materi CPNS

Pada saat itu pula Sutah Syahrir, Wikana, Darwis, serta Choerul Saleh mendengarkan berita tersebut lewat radio BBC. Sesudah mendengar bahwa Jepang akan bertekuk lutut ke amerika serikat, golongan muda menekan golongan tua supaya sesegera mungkin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Namun Golongan tua tidak mau tergesa-gesa dan terburu-buru, sebab mereka tidak mau pada saat proklamasi terjadi pertumpahan darah.

Setelah itu ir Soekarno serta Mohammad Hatta mendatangi penguasa tentara Jepang (Gunsei), untuk mendapatkan informasi di kantornya di Koningsplein( Area Merdeka). Tetapi kantor itu kosong, lalu ir Soekarno serta Mohammad Hatta bersama Soebardjo menuju ke kantor Bukanfu, Laksamana Muda Maeda, di Jalur Area Merdeka Utara (Rumah Maeda di Jalan Imam Bonjol 1).

Laksamana Muda Maeda menyambut kehadiran mereka dengan perkataan selamat atas kesuksesan yang mereka dapatkan di Dalat. Sembari menanggapi hal itu Laksamana Muda Maeda belum menerima penegasan serta sedang menunggu instruksi dari Tokyo. Sepulang dari Tempat Laksamana Muda Maeda, ir Soekarno serta Mohammad Hatta menginstruksikan untuk lekas menyiapkan pertemuan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada jam 10 pagi 16 Agustus 1945.

Naskah Teks Proklamasi

Dokumen proklamasi Kemerdekaan Indonesia mengalami sedikit perubahan yang awal mulanya ditulis tangan oleh ir.Soekarno jadi diketik oleh Sayuti Melik. Adapun Dokumen Proklamasi yang diketik oleh Sayuti Melik disebut dengan  “teks Proklamasi Otentik”, sedangkankan sebaliknya Dokumen Proklamasi yang ditulis tangan oleh Ir Soekarno disebut dengan“ teks Proklamasi Klad”. Lalu apa saja perbedaan dari 2 dokumen tersebut? berikut penjelasannya!

1. Isi Teks Proklamasi Klad

Sebenarnya Dokumen Proklamasi Klad ini tidak sangat dikenal secara luas oleh masyarakat, sebab dokumen ini tidak dianggap sebagai arsip penting yang terkait kemerdekaan. Dokumen proklamasi kemerdekaan Indonesia asli hasil dari catatan tangan soekarno, justru sebenarnya telah dibuang ke tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda.

Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal2 jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakandengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 – 8 – ’05

Wakil2 bangsa Indonesia.

Untungnya B. M. Diah menyelamatkan dokumen bersejarah ini dari tempat sampah dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, dan pada 29 Mei 1992 baru setelah itu diserahkanlah ke Kepala negara selanjutnya yaitu Soeharto di Bina Graha. Sampai akhirnya isi bacaan proklamasi asli ini dapat dikenal secara luas dimasyarakat.

2. Isi Teks Proklamasi Otentik

Dokumen Proklamasi Indonesia yang telah mengalami perubahan diketahui dengan julukan teks “Proklamasi Otentik”. Teks Proklamasi Otentik sudah dikenal secara luas sebab teks inilah yang dibacakan oleh ir Soekarno pada saat proklamasi. Bacaan Proklamasi Asli ini merupakan teks Proklamasi yang berupa hasil ketikan dari Sayuti Melik, beliau merupakan seseorang pelopor pemuda yang turut berperan dalam persiapan Proklamasi.

P R O K L A M A S I 
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengantjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno/Hatta.
Adapun Perubahan teks Proklamasi tulisan tangan dari ir Soekarno dan ketikan dari Sayuti melik sebagai berikut:
  • Kata" hal2" pada alinea kedua baris awal diganti jadi" hal- hal"; 
  • Kata" saksama" pada alinea kedua baris kedua diganti jadi" tempo"; 
  • Penyusunan tanggal serta bulan" Djakarta 17- 08- 05" jadi" Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05"
  • Perkataan" wakil2 bangsa Indonesia" jadi" Atas nama bangsa Indonesia".
  • dan serta Naskah tulisan tangan dari ir Soekarno tidak ditandatangani, sedangkan untuk naskah Proklamasi dari sayuti melik ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta.

Demikianlah mengenai sejarah dari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia semoga apa yang tulis bisa kalian mengerti dan bila ada salah kata mohon maaf, sampai bertemu di materi selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel